Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung (Babel) Herman Suhadi mengajak seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) mampu menjadi pemandu pariwisata bagi daerahnya.

"Saya mengajak seluruh OPD menjadi guide pariwisata untuk membantu menjelaskan, menerangkan, dan menyampaikan kepada tamu yang datang bahwa Bangka Belitung merupakan daerah pariwisata skala nasional dan bahkan internasional," katanya di Sungailiat, Babel, Sabtu.

Dalam membangun sektor pariwisata, menurut dia, harus mendapat dukungan penuh semua pihak termasuk peran swasta dan masyarakat, karena diketahui sektor ini tidak akan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik tanpa ada keterlibatan seluruh pihak.

Dia memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Bangka yang sukses menyelenggarakan Sungailiat Triathlon 2023 dengan mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno untuk membuka kegiatan tersebut dan menjadi peserta triatlon.

"Saya berharap kegiatan serupa dapat diselenggarakan tahun depan dan diikuti peserta lebih banyak dari luar negeri, sehingga sektor pariwisata Bangka Belitung semakin terkenal di dunia internasional," jelasnya.

Sebanyak 200 lebih peserta Sungailiat Triathlon 2023 berasal dari daerah setempat, 107 peserta dari sejumlah daerah di Indonesia, dan delapan peserta dari luar negeri.

Selain pariwisata dengan keindahan objek wisata, Bangka Belitung memiliki kekayaan produk hasil olahan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah mulai seperti kuliner dan hasil kerajinan.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023