Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melatih para petugas pengelola website presensi elektronik agar mampu mendukung upaya meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

"Peran petugas pengelola di seluruh organisasi perangkat daerah ini penting agar bisa mengoperasikan website presensi elektronik yang fungsinya sebagai perangkat lunak tambahan untuk memonitor, mengontrol, dan sebagai laporan dalam penggunaan presensi elektronik oleh para pegawai," kata Kepala Diskominfo Kabupaten Bangka Barat Arwendy di Mentok, Sabtu.

Menurut dia, pelatihan diselenggarakan seiring dengan rencana pemberlakuan absensi digital bagi seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat.

"Website presensi elektronik ini berfungsi sebagai monitor atau kontrol dan laporan bagi organisasi perangkat daerah (OPD) terhadap pegawai yang melakukan absensi secara digital dengan menggunakan e-presensi melalui perangkat gawai masing-masing. Jadi, tiap-tiap OPD ada admin yang bertugas meng-'input' data pegawai yang tidak dapat hadir di kantor karena izin, sakit, dinas luar atau cuti," katanya.

Selain itu, papar dia, di setiap OPD melalui website e-presensi ini nantinya saat akhir bulan dapat merekap data kehadiran seluruh pegawai yang ada di OPD tersebut.

Dengan adanya pelatihan ini, ujarnya, diharapkan seluruh pegawai pengelola website di OPD sudah bisa mengoperasikan website e-presensi sehingga saat e-presensi ini diterapkan, maka tidak ada lagi kendala.

"Kami berharap seluruh program yang telah direncanakan bisa berjalan dengan baik di lingkungan pemerintahan sehingga upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat akan semakin prima," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023