Distributor komoditas bawang di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menambah pasokan 27 ton bawang merah dan putih untuk menjaga stabilitas harga komoditas tersebut.

"Penambahan pasokan bawang merah dan putih ini tentunya sangat membantu pemerintah daerah dalam menjaga stabilitas harga dalam upaya menekan inflasi," kata Kepala Disperindag Provinsi Kepulauan Babel Tarmin AB di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan pasokan 27 ton bawang ini dengan rincian 20 ton bawang putih dan 7 ton bawang merah, yang akan memperkuat stok komoditas tersebut.

"Nanti sore red-Rabu (24/5) 20 ton bawang putih ini masuk di Pelabuhan Pangkalbalam, sementara pasokan bawang merah dalam pekan ini," ujarnya.

Ia menyatakan saat ini stok bawang putih di gudang distributor mencapai 40 ton, bawang merah sebanyak 17 ton, dan dipastikan cukup untuk memenuhi permintaan masyarakat yang cukup tinggi.

"Saat ini harga bawang merah dan putih masih stabil dan permintaan juga normal," katanya.

Ia menjelaskan harga bawang merah di Pasar Pembangunan Pangkalpinang cukup bervariasi seperti bawang merah dari Brebes Rp40.000 per kilogram, bawang merah dari Makassar Rp28.000 per kilogram dan bawang merah dari Padang Rp38.000 per kilogram.

Sementara itu harga bawang putih honan masih bertahan Rp32.000 per kilogram, bawang bombay Rp44.000 per kilogram.

"Kami memperkirakan harga bawang ini akan naik menjelang Hari Raya Idul Adha, karena meningkatnya permintaan masyarakat untuk menyambut hari raya kurban tersebut," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023