Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajak seluruh lapisan masyarakat di daerah itu turut menyukseskan Pemilu 2024 mendatang.

"Seluruh lapisan masyarakat hendaknya turun ikut menyukseskan Pemilu 2024 mendatang mulai tahapan awal hingga akhir agar Pemilu 2024 berjalan  aman, tertib, lancar, dan demokratis," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Chorry Ihsan dalam keterangannya di Sungailiat, Kamis.

Dia mengatakan peran serta masyarakat cukup besar dalam mewujudkan  Pemilu 2024 yang aman, jujur dan demokratis. 

Baca juga: Bawaslu Bangka Belitung jajaki MoU pengawasan netralitas ASN

"Selain menyampaikan hak suara, peran serta masyarakat dalam Pemilu 2024 yakni, ikut membantu dalam pengawasan pemilu yang dilakukan oleh penyelenggara," kata dia.

Sebelumnya, kata Corri, pihaknya telah melakukan deklarasi  Pemilu 2024 berjalan damai dan berintegritas sebagai komitmen mewujudkan Pemilu 2024 berjalan aman, tertib, damai, dan berintegritas tanpa hoak, ujaran kebencian, politisasi sara dan tanpa politik uang.

Untuk melakukan pengawasan pemilu di semua tahapan, pihaknya sudah membentuk lembaga pengawasan mulai dari tingkat desa, kelurahan, hingga kecamatan.

Baca juga: Bawaslu Bangka Barat kuatkan kelembagaan cegah pelanggaran pemilu 2024

"Kami juga membuka posko pengaduan yang sudah diresmikan,  dipusatkan  di kantor Bawaslu Kabupaten Bangka. Masyarakat atau peserta pemilu diberikan ruang mengadu jika mendapatkan dugaan pelanggaran pemilu," kata dia.

Corri menyarankan masyarakat jangan mudah menerima informasi yang belum jelas kebenarannya dan jangan mudah terprovokasi dari pihak manapun terkait kepemiluan.

Komisioner Pengawas Kecamatan Pemali, Khairul mengakui partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu cukup besar peranannya karena diketahui masyarakat berada pada posisi terdepan sedangkan komisioner di masing - masing wilayah kecamatan jumlahnya terbatas.

"Sebagai bagian penyelenggara Pemilu di tingkat kecamatan, kami akan bekerja optimal sesuai dengan ketentuan yang berlaku," katanya.

Baca juga: Bawaslu Bangka Tengah sampaikan saran perbaikan terhadap DPSHP

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023