Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Suganda Pandapotan Pasaribu menyebutkan peran Tim Penggerak PKK penting dalam mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan, sosial dan ekonomi masyarakat.

"PKK ini penting mendukung program-program pemerintah dalam mengentaskan stunting, kemiskinan dan inflasi," kata Suganda Pandapotan Pasaribu saat membuka rapat koordinasi (rakor) kelompok kerja operasional pos terpadu (Pokjanal Posyandu se-Babel di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan TP PKK merupakan mitra pemerintah karena TP PKK provinsi tidak memiliki anggaran sendiri, berbeda dengan pusat, maka harus didukung oleh pemerintah provinsi melalui dinas-dinas terkait, seperti Dinsos PMD dan Dinas Kesehatan, termasuk juga pemerintah kabupaten/kota, kecamatan, hingga desa. 

"Sebagai mitra pemerintah, TP PKK juga dapat memberikan sumbangsih besar dalam pencapaian target pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, sekaligus ujung tombak pembangunan di desa," ujarnya.

Ia berharap melalui rakor ini, pemerintah dapat melihat bagaimana Pokjanal Posyandu juga bisa mengatasi banyak permasalahan, tidak hanya mengurus masalah imunisasi, penimbangan dan ibu hamil saja, tapi juga termasuk masalah stunting, gizi anak-anak terutama yang ada di desa, dan juga pemberdayaan fakir miskin.

"Kami berharap pembentukan tim Pokjanal Posyandu,  dapat secara proaktif turun langsung ke lapangan melakukan pembinaan posyandu dan pokja posyandu desa bersama dengan tim pokjanal posyandu kabupaten," katanya. 

Dalam Rakor Pokjanal Posyandu dihadiri, Pj Ketua TP PKK Provisi Kepulauan Babel Maya Suganda Pasaribu dan Perwakilan TP PKK Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka Selatan, Belitung, Belitung Timur dan Kota Pangkalpinang, Kepala DinsosPMD dan Perwakilan DinsosPMD se-Provinsi Kepulauan Babel, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Tim Pokjanal Posyandu, dan OPD terkait.

Dalam kesempatan ini, Pj Ketua TP PKK Maya Suganda menjadi narasumber dan menyampaikan materi, "Peran TP PKK Prov. Kep. Babel dalam Mendukung Pelaksanaan Posyandu dan Dasawisma", bersama Kepala Dinkes Kep. Babel Andri Nurtito yang membawa materi "Dukungan Dinas Kesehatan Provinsi dalam Optimalisasi  Peran Kader dan Pembinaan Posyandu".

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023