Wakil Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajak seluruh lapisan masyarakat di daerah itu mendukung dan membantu tim terpadu Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Badan Narkotika Nasional (BNN).

Ajakan itu disampaikan Syahbudin di Sungailiat, Rabu saat menghadiri peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2023.

"Peran masyarakat cukup besar membantu tim terpadu P4GN dalam penanganan pemberantasan narkotika yang semakin mengkhawatirkan," jelas Wabup.

Selain peran dukungan masyarakat, Syahbudin mengingatkan semua organisasi perangkat daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama dan kelompok masyarakat yang lain saling bersama-sama membantu tim P4GN.

Tim terpadu merupakan kelompok yang memiliki kecakapan di bidang pencegahan dan rehabilitasi yang bersifat umum. Tim terpadu juga nantinya mempunyai hak menerima aduan informasi dari masyarakat terkait indikasi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba yang kemudian dilaporkan ke pihak BNN.

Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2023, mengusung tema "Akselerasi War On Drugs Menuju Indonesia Bersinar".

Sebagai bentuk komitmen dan dukungan pemerintah Kabupaten Bangka dalam pencegahan dan pemberantasan narkotika kata Syahbudin, telah ditertibkan Peraturan Daerah nomor: 2 tahun 2022 dan Peraturan Bupati Bangka nomor: 58 tahun 2022

Kepala BNNK, Bangka, Peni Januarti mengatakan peringatan HANI tahun 2023 menjadi momentum untuk mewujudkan Bangka bebas narkoba dan Indonesia bebas narkoba .

"Upaya pencegahan narkotika terus kami gaungkan agar lebih banyak lagi partisipasi dan peran aktif dari berbagai lingkungan dalam upaya aksi pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba," kata Peni Januarti.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023