Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu meyakini penyelenggaraan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) se-Indonesia 2023 berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat setempat.

"Pelaksanaan Rakornas Bapemperda se-Indonesia tahun ini akan memutar roda ekonomi masyarakat," kata Suganda Pandapotan Pasaribu di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Kamis.

Dia menambahkan pelaksanaan Rakornas Bapemperda se-Indonesia di Kota Pangkalpinang merupakan sejarah bagi Provinsi Kepulauan Babel, karena akan didatangi ribuan ketua bapemperda, kepala biro hukum, serta sekwan tingkat provinsi, kabupaten, dan kota se-Indonesia.

"Ribuan peserta akan hadir ke sini dan diharapkan para peserta menikmati keindahan objek wisata dan belanja produk UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) di daerah ini," kata Suganda.

Sementara itu, Ketua DPRD Kepulauan Babel Herman Suhadi mengatakan Rakornas Bapemperda se-Indonesia merupakan wadah untuk bersilaturahim, bersinergi, dan berkolaborasi dalam membangun pemahaman terkait tugas dan wewenang bapemperda, sebagai ujung tombak penyusunan peraturan daerah (perda).

"Hari ini, Kepulauan Babel didatangi oleh ribuan orang rekan-rekan seluruh Indonesia. Ini merupakan penghargaan yang luar biasa bagi pemerintah daerah dan masyarakat ini," katanya.

Herman mendorong Kepulauan Babel menjadi daerah tujuan wisata nasional.

"Saya ucapkan selamat datang kepada peserta Rakornas. Jangan lupa explore keindahan Kepulauan Babel, karena banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi dan kuliner yang harus dicicipi. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik sampai dengan selesai," tambahnya.

Dia pun berharap para peserta jangan cepat-cepat pulang ke daerahnya ketika acaranya sudah selesai.

"Tolong, habiskan uang yang ada di dompet Bapak, Ibu, untuk belanja suvenir maupun makanan khas Kepulauan Babel yang tersebar di Pangkalpinang, Sungailiat, maupun Bangka Tengah Bila perlu, kalau ada waktu, sempatkan diri juga untuk menyeberang ke Pulau Belitung. Pulaunya sangat cantik luar biasa. Sayang rasanya, jika sudah ke Kepulauan Babel tapi tidak menikmati tempat-tempat wisatanya," ujar Herman.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023