Koba (Antara Babel) - Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman berupaya menjadi daerah itu sentra pembibitan padi sawah yang bisa memasok benih ke kabupaten lain.

"Saya ingin Bangka Tengah menjadi sentra bibit padi sawah dengan memanfaatkan beberapa hektare lahan khusus untuk pembibitan," kata Bupati Erzaldi di Kopa, Rabu.

Ia menjelaskan, saat ini kondisi lahan padi sawah masih terbatas sementara di beberapa desa memiliki struktur tanah yang cocok ditanami padi sawah.

"Justeru itu jangan hanya berpikir bertanam untuk di panen saja, tetapi harus melakukan pembibitan padi sawah untuk dijual ke daerah lain," ujar dia.

Ia meminta dinas terkait memberikan dorongan yang kuat kepada petani sehingga tidak hanya memikirkan menanam saja tetapi juga pembibitan.

"Desa Namang dengan hamparan lahan sawah mencapai ratusan hektare tersebut sangat cocok dijadikan pembibitan percontohan dan sentra pembibitan padi sawah," ujarnya.

Ia mengatakan, potensi lahan sawah di Desa Namang sangat tinggi namun belum tergarap secara maksimal karena masih terkendala animo masyarakat yang masih rendah.

"Kami berupaya luas lahan sawah di Desa Namang mencapai sekitar 300 hektare atau jauh lebih luas dibanding lahan yang ada sekarang," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016