Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendorong kaum perempuan ikut berperan aktif membantu mengatasi berbagai permasalahan yang ada di daerah.

"Untuk saat ini pemkab kita sedang berupaya melakukan percepatan mengatasi berbagai permasalahan yang ada, antara lain penurunan kasus stunting dan pemberdayaan keluarga. Kita akan berupaya agar kaum perempuan turut ambil bagian dalam mengatasi permasalahan tersebut," kata Ketua GOW Kabupaten Bangka Barat Rosmala Sukirman di Mentok, Rabu.

Menurut dia, GOW yang beranggotakan berbagai organisasi perempuan yang ada di Bangka barat mempunyai andil penting dalam pemerintahan dan kemasyarakatan, maupun peran dalam mendukung suami mewujudkan keluarga bahagia dan sejahtera.

Baca juga: GOW Bangka Barat bantu ibu rumah tangga usaha minuman rempah-rempah

Perempuan juga memiliki andil besar dalam menentukan arah bernegara karena jumlah perempuan saat ini sangat banyak dan sudah banyak pula perempuan yang memiliki keahlian dan pemikiran yang tidak kalah dengan kaum laki-laki.

"Dengan tidak mengesampingkan kodratnya sebagai perempuan, kita wajib mempersiapkan putra-putri kita sesuai dengan apa yang kita harapkan," katanya.

Rosmala berharap GOW dapat meningkatkan komitmen dan peran bersama-sama pemerintah daerah untuk mengatasi permasalahan yang ada di Kabupaten Bangka Barat, terutama dalam lingkup pengarusutamaan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan perempuan dan anak.

Baca juga: IKAD Bangka inisiatori lomba pantun GOW

Untuk meningkatkan peran perempuan dalam pembangunan, kata dia, secara rutin para pengurus organisasi wanita yang ada di daerah itu setiap bulan melakukan pertemuan untuk menyusun program yang akan dilakukan dalam sebulan ke depan dan evaluasi program dan kegiatan yang sudah dijalankan.

"Organisasi ini harus tetap aktif, para anggota juga harus aktif memberikan motivasi kepada para kader hingga pelosok agar berbagai program dan kegiatan yang sudah disusun bisa berjalan dengan baik," katanya.

Selain itu pihaknya juga akan terus melakukan komunikasi dengan berbagai dinas dan instansi terkait agar bisa melakukan kolaborasi program yang tepat untuk masyarakat, khususnya dalam pemberdayaan perempuan dan keluarga.

GOW Kabupaten Bangka Barat merupakan induk dari sejumlah organisasi pemberdayaan perempuan, antara lain PKK, Darma Wanita Persatuan, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Kejaksaan, Bhayangkari Bangka Barat, Persit, ikatan ibu-ibu karyawan PT TImah (IIKT) dan lainnya.

Baca juga: GOW Bangka Barat menyalurkan bantuan ke siswa SLB Mentok

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023