Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkpimda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci, dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2023 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pawitralaya Pangkalpinang. 

"Ini adalah bukti kecintaan dan rasa hormat kepada para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Sebagai generasi penerus bangsa, yang harus kita lakukan, adalah kita mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif dan terus bekerjasama membangun negara ini," kata Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu di Pangkalpinang, Kamis dinihari. 

Ia mengatakan Apel yang diikuti oleh para unsur Forkopimda Kepulauan Babel itu, bertujuan untuk mengenang jasa dan mendoakan arwah para pahlawan bangsa yang gugur di medan perang, dalam memperjuangkan Kemerdekaan RI. 

Ia menyampaikan bahwa nilai-nilai kepahlawanan dan kejuangan yang sudah dilakukan oleh para pahlawan yang telah gugur, patut kita contoh.

Ia mengharapkan seluruh lapisan masyarakat berperan aktif dalam menjaga kondusifitas di Provinsi Kepulauan Babel. Karena, hal tersebut merupakan bentuk penghargaan kita terhadap pahlawan. 

"Seperti tadi, yang disampaikan oleh pak Presiden saat Pidato Kenegaraan tadi, bahwa international trust juga harus kita jaga. Kondusifitas di Kepulauan Babel ini juga harus terus kita jaga, karena itu adalah salah satu bentuk penghargaan kita, terhadap jasa para pahlawan," katanya.

Danrem 045 Garuda Jaya, Brigjen TNI Agustinus Dedy Prasetyo menyebutkan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut, mengingatkan semua pihak, pada perjuangan para pahlawan pendiri Bangsa Indonesia. Menurutnya, masyarakat memiliki peranan besar dalam proses mengisi kemerdekaan. 

"Masyarakat tentunya memiliki peranan penting. Seperti yang disampaikan pak Pj Gubernur tadi, pelaksanaan apel ini mengingatkan kita pada perjuangan para pahlawan pendiri bangsa ini. Sebagai pengisi kemerdekaan, kita tidak boleh melupakan penderitaan dan pengorbanan para pahlawan," katanya. 

Menurut dia dengan hal itu semangat dalam menjaga dan mempertahankan kemerdekaan, akan terus muncul didalam hati. 

Ia menambahkan salah satu cara dalam mengisi kemerdekaan ini adalah, dengan menunjukkan bahwa kita bisa menjadi sosok-sosok yang bermartabat, bermanfaat, memiliki daya tawar dan saing di mata internasional," tutupnya.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023