Bupati Bangka Mulkan mengingatkan masyarakat di daerah itu untuk ikut mencegah terjadinya kebakaran lahan di kawasan pantai Timur Sungailiat.

"Saya ingatkan masyarakat ikut serta melakukan pencegahan di lahan kawasan pantai Timur Sungailiat karena diketahui masih banyak lahan kosong yang ditumbuhi semak belukar," kata Mulkan di Sungailiat, Jumat menanggapi terjadinya kebakaran semak belukar di area lahan lintas Timur Sungailiat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,.

Dia mengatakan, lintas Timur Sungailiat yang menghubungkan Kota Sungailiat dengan Kota Pangkalpinang, terdapat sejumlah objek wisata pantai, namun masih cukup luas lahan kosong di sekitaran pantai di wilayah itu.

Pencegahan serupa juga harus dilakukan di kawasan hutan dan lahan di daerah lain yang berpotensi terjadi kebakaran baik unsur sengaja atau tidak sengaja.

"Masyarakat harus segera melapor ke pemerintah desa atau langsung ke tim pemadam kebakaran jika mengetahui ada kebakaran di lingkungan," kata Mulkan.

Unit pemadam kebakaran di bawah Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bangka, telah menyediakan tiga mobil pemadam kebakaran dan satu unit mobil suplai air.

Meskipun armada pemadam kebakaran jumlah terbatas kata Mulkan, pihaknya tetap memaksimalkan pelayanan jika sewaktu - waktu masyarakat membutuhkan.

"Dengan jumlah armada dan personel pemadam kebakaran yang terbatas tersebut, dukungan aktif masyarakat sangat dibutuhkan minimal tidak membakar dan membuang puntung rokok sembarangan di kawasan rawan kebakaran," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023