Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mulkan minta seluruh anggota dan pengurus pramuka di daerah itu mampu menanamkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa sebagai modal membangun negeri.

"Pramuka dalam ikut berperan membantu pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia yang profesional dan berkarakter. Selain pula pramuka juga perlu meningkatkan wawasan kebangsaan, nasionalisme," kata Bupati Mulkan saat membacakan sambutan Ketua Kwartir Pusat Komjen Pol (Purn) Drs. H. Budi Waseso pada upacara bendera memperingati Hari Pramuka ke-62 tahun 2023, di Sungailiat, Selasa.

Hari Pramuka ke-62 mengusung tema "Melalui semangat pramuka, mari kita jaga keanekaragaman dan keindahan tanah air", membuktikan bahwa pramuka harus tetap solid dan menjaga persatuan dan kesatuan.

Baca juga: Bupati Bangka Selatan terima Anugerah Lencana Melati

Dia mengatakan semua Kwartir dapat menjadi garda terdepan dan membantu di kwartir masing-masing. Banyak kegiatan pramuka yang akan diselenggarakan dan harus didukung sehingga pramuka menjadi gerakan yang dapat membantu kinerja gerakan pramuka.

"Saya sarankan gerakan pramuka harus menjaga netralitas politik, jangan terlibat dalam politik praktis dan meningkatkan silahturahmi sehingga aktivitas pramuka dapat eksis dan optimal," katanya.

Menurut Mulkan, sebagai organisasi nonformal, pramuka dituntut mampu mengikuti perkembangan teknologi moderen membangun aplikasi digital dengan memperbaiki undang-undang terkait gerakan pramuka. 

"Semua pihak hendaknya saling bersinergi untuk kemajuan organisasi pramuka serta dapat memberikan dukungan untuk kemajuan pramuka," kata Mulkan.

Baca juga: Boy Yandra: Gerakan pramuka bantu pemerintah bidang pendidikan nonformal

Baca juga: Mengembara ala pramuka tanpa harus hapal Dasa Darma

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023