Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) membangun Samsat Drive Thru untuk memudahkan para wajib pajak (WP) melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) tanpa harus turun dari kendaraan.

"Samsat Drive Thru ini sengaja kita bangun di taman UMKM yang ada di Depan Kantor Gubernur Babel untuk memberi kemudahan bagi WP membayar PKB tanpa turun dari kendaraan dan tidak antri," kata Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) M.Haris di Pangkalpinang, Kamis.

M.Haris mengatakan Samsat Drive Thru memberi layanan singkat ke masyarakat khususnya para wajib pajak yang ingin melakukan pembayaran PKB tanpa harus  turun dari kendaraan dan tidak mengantri karena dalam hitungan menit sudah selesai.

"Babel provinsi kedua yang menerapkan Samsat drive thru ini setelah Jawa Barat. Proses layanannya seperti Samsat digital sehingga jauh lebih cepat, cukup 5 menit saja sudah selesai," ujarnya.

M.Haris berharap adanya Samsat drive thru ini keinginan masyarakat dalam membayar pajak lebih meningkat karena dari hasil survei dan door to door, kendala masyarakat membayar pajak itu karena masih kurangnya layanan sampling yang dapat menjangkau masyarakat.

Waktu layanan Samsat Drive Thru sama dengan kantor Samsat di daerah yakni setiap hati Senin-Sabtu pukul 08.00 WIB pagi sampai pukul 14.00 WIB. 

"Sesuai target Insyaallah pembangunan fisik Samsat drive thru akan selesai di Desember 2023 ini dan akan launching di akhir tahun 2023 atau awal Januari 2024," tutupnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023