Sebanyak 50 Stand UMKM meriahkan Expo Ekraf 2023 yang diselenggarakan Entrepreneur Babel Indonesia (EBI), dalam rangka membantu ekonomi kreatif khususnya UMKM di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung naik kelas bersaing ke tingkat nasional maupun internasional.

"Alhamdulillah acara berjalan lancar, mari kita sukseskan acara ini untuk UMKM Bangka Belitung," kata Ketua Panitia Expo Ekraf 2023 Romi di Pangkalpinang, Sabtu. 

Ia mengatakan melalui pameran yang diadakan dari tanggal 2 sampai 3 September ini para pelaku UMKM bisa menambah keuntungan. 

"Para Pelaku UMKM bisa promosi produk mereka, selain itu juga ada hiburan sehingga masyarakat semakin antusias untuk datang," katanya 

Ia menyampaikan pada pameran ini terdapat berbagai macam kuliner khas Babel maupun kekinian. Selain itu juga terdapat produk ekonomi kreatif untuk memanjakan para pengunjung. 

Baca juga: Expo Ekraf Babel sukseskan Program Presiden Jokowi transformasikan UMKM

"Banyak makanan dan minuman seperti bakwan Toboali, mie kuah ikan, empek-empek, dimsum, minum jeruk kunci dsb," katanya. 

Sementara itu Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Riza Aryani menyatakan apresiasinya pada kegiatan Expo Ekraf 2023 yang diselenggarakan oleh Entrepreneur Babel Indonesia (EBI). 

"Kami sangat mengapresiasi melihat peran swasta untuk UMKM sangat luar biasa," katanya. 

Ia menyebutkan pameran ini merupakan penetrasi pasar bagi UMKM. Jadi UMKM harus tahu apa yang dinginkan konsumen. 

Baca juga: EBI akan menggelar Expo Ekraf UMKM se-Babel

"Jadi jangan mereka bertahan dengan yang mereka mau tapi apa yang konsumen mereka mau," katanya. 

Ia menambahkan Presiden RI Jokowi Widodo mengatakan ketika hari UMKM Nasional yang jatuh pada 12 Agustus 2023 lalu ke depan UMKM harus terus bertransformasi. 

"Tadi kita dengar UMKM menyumbang 90 persen untuk ekonomi tenaga kerja dan lain-lain. Kami harap UMKM bisa terus berinovasi," katanya. 

Pada kesempatan itu dirinya juga mengajak khususnya masyarakat Kota Pangkalpinang hadir di Alun-Alun Taman Merdeka untuk menyemarakkan Ekpo Ekraf 2023 ini. 

"UMKM kita hadir disini, ayo bantu UMKM, cintai produk dalam negeri, dukung UMKM Babel," katanya.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023