Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Himpunan Pendidik Anak Usia (Himpaudi) Betti Nuraini meminta Ketua PW Himpaudi Babel Periode 2023-2027, Djuariningsih dapat melaksanakan kepemimpinan di dua pihak dan menerapkan empat indikator kepemimpinan transformatif.

"Di era Baru ini kita harus bisa melaksanakan kepemimpinan di dua pihak yakni kepemimpinan kolektif dan kolegial yang artinya walaupun menjabat sebagai Ketua, tapi kepemimpinan harus musyawarah mufakat artinya keputusan yang diambil berdasarkan keputusan bersama," kata Betti usai melantik Ketua PW Himpaudi Babel, Djuariningsih, Minggu.

Ia mengatakan di era saat ini perubahan  begitu cepat sehingga kita harus menerapkan kepemimpinan transformatif dengan 4 indikator yakni, ada visi misi yang jelas dengan tujuan yang jelas, komunikasi dari PW, PD ke PC adalah komunikasi efektif baik langsung maupun tidak langsung.

Pendidik harus dibangkitkan kreatifitasnya melalui pelatihan, workshop dan kegiatan lainnya seperti latihan kepemimpinan dengan harapan ide-ide yang ada bisa dibangkitkan dengan kritis. 

Baca juga: Djuariningsih resmi jabat Ketua PW Himpaudi Babel Periode 2023-2027

Baca juga: Buka Muswil V Himpaudi Babel, Ervawi: Pemimpin baru teruskan program kerja Himpaudi

"Kita juga harus memperhatikan kesulitan-kesulitan anggota sehingga mereka anggota merasa memiliki organisasi karena jika sebuah organisasi tidak memikirkan kesulitan anggota maka lambat laun akan ditinggalkan oleh anggotanya karena anggota akan merasa untuk apa dirinya ada disini. Oleh karena itu Saya harap Bu Djuari dapat menjalankan kepemimpinan yang kolektif dan kolegial," ujarnya.

Ketum PP Himpaudi ini juga mengapresiasi mereka semua yang ikut latihan kepemimpinan di musyawarah wilayah (Muswil) ke V yang digelar oleh PW Himpaudi Babel yang sumber dananya dari pribadi masing-masing.

"Pengurus PW, PD dan PC semuanya ikut Latpim, ini apresiasi luar biasa dari Saya karena mereka anggarannya pribadi. Mereka ingin belajar ilmu-ilmu kepemimpinan sekaligus mengikuti pemilihan pimpinan baru dan bersama perayaan HUT Himpaudi dengan riang gembira. Semoga Bu Djuari bisa membawa PW Babel menuju kejayaannya," harap Betti.

Di kesempatan ini, Ketum Betti juga mengucapkan terimakasih banyak kepada Bunda Djamilah yang sudah luar biasa mendedikasikan hidupnya dengan menjaga satu visi, satu aksi dan satu dedikasi untuk Himpaudi Babel.

"Terimakasih ibu Djamilah yang sudah luar biasa mendedikasikan hidupnya untuk Himpaudi Babel, meski saat ini raga Beliau tidak bisa hadir langsung namun hatinya tetap untuk Himpaudi," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023