Kepolisian Resor Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan sembilan bahan pokok (sembako) dan 12.500 liter air bersih kepada warga terdampak fenomena El Nino.

"Kita salurkan sembako dan air bersih kepada warga terdampak musim kemarau di Kelurahan Teladan, ini bentuk hadirnya Polri dalam membantu sesama," kata Kapolres Bangka Selatan, AKBP Toni Sarjaka di Toboali, Rabu.

Ia berharap, dengan adanya bantuan air bersih ini dapat membantu kebutuhan masyarakat di musim kemarau, sehingga persediaan air bersih di rumah warga tetap terjaga.

"Dalam kegiatan ini kita menurunkan dua tangki air bersih untuk warga yang membutuhkan, terutama bagi rumah penduduk yang debit air sumur gali sudah berkurang atau sudah kering," ujarnya.

Selain membagikan air bersih pihaknya juga membagikan 50 paket sembako kepada warga untuk memperkuat ketahanan pangan.

"Jadi bukan hanya air bersih saja yang kita bagikan, ada 50 paket sembako yang diberikan juga untuk mengantisipasi kerawanan pangan," ujarnya.

Kegiatan ini, kata Toni, dilakukan secara berkesinambungan, dengan menolong masyarakat yang daerahnya mengalami kekurangan air bersih.

"Saya mengimbau masyarakat dapat menghemat air bersih karena musim kemarau ini tidak bisa diprediksi apalagi adanya fenomena El Nino," ujarnya.

Ketua RT Ketua RT 05/07 Gang Menanti Kelurahan Janggis Fitrian mengucapkan terimakasih kepada Polres Bangka Selatan atas bantuan air bersih kepada warganya.

"Saya selaku Ketua RT mengucapkan terimakasih kepada Polres Bangka Selatan yang sudah membantu keluhan masyarakat terhadap air bersih," ujarnya.

Janggis mengatakan sebagian besar warga setempat sudah mengalami kekurangan air bersih, terutama untuk mandi dan mencuci.

"Setidaknya bantuan air bersih ini bisa mengatasi sementara kesulitan warga mendapatkan air bersih, semoga kemarau segera berlalu," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023