Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bersama pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) di daerah itu akan terus mendorong masyarakat untuk berwirausaha.

"Semangat kewirausahaan ini perlu terus digelorakan agar masyarakat, khususnya generasi muda, tergerak untuk menggeluti berbagai bidang usaha mandiri," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Selasa.

Menurut dia, kewirausahaan tidak hanya sebatas membangun usaha mikro, kecil dan menengah, namun juga sektor ekonomi kreatif yang saat ini semakin bertumbuh dan memiliki prospek menjanjikan.

Baca juga: Wabup Belitung dorong jurnalis miliki kemampuan wirausaha

Sukirman mengatakan keberadaan Hipmi di Bangka Barat dapat menjadi wadah berkumpulnya para pengusaha muda setempat, sekaligus mampu memberikan semangat bagi kemajuan dunia usaha di daerah.

"Kami berharap keberadaan Hipmi Bangka Barat dapat mencetak pengusaha-pengusaha muda yang andal sehingga ke depan bisa memberikan kontribusi dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan daerah," katanya.

Sekretaris Umum Hipmi Kabupaten Bangka Barat Risdian mengatakan organisasi tersebut telah menyiapkan program kerja dan ada beberapa yang sudah diselaraskan dengan kepentingan pemerintah daerah setempat.

"Kami telah bertemu dengan Bupati Sukirman untuk audiensi sekaligus menyampaikan beberapa hal, kami berharap pertemuan ini bisa memberikan energi baru supaya program organisasi dapat sejalan dengan kebijakan pemerintah," kata Risdian.

Baca juga: BLK Bangka Barat beri pelatihan agar pemuda berani berwirausaha

Salah satu program unggulan Hipmi Bangka Barat yang selaras dengan pemerintah daerah yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat terkait kewirausahaan.

"Pola edukasi kepada masyarakat terkait kewirausahaan ini juga untuk kaderisasi, marwahnya seperti itu. Kami ingin menciptakan dan mendorong tumbuhnya usaha-usaha baru di daerah sebagai landasan ekonomi selanjutnya," katanya. 

Ketua Hipmi Kabupaten Bangka Barat Bong Tjin Han mengatakan dalam waktu dekat organisasi tersebut akan menggelar musyawarah cabang dan mengharapkan kehadiran Bupati Sukirman untuk memberikan motivasi kepada seluruh pengurus dan peserta.

"Kita ingin organisasi ini semakin dirasakan manfaatnya untuk kemajuan perekonomian di Bangka Barat, kami berharap kerja sama ini akan semakin banyak enterpreanur muda yang muncul, UMKM yang semakin berkembang dan tentunya ini akan membawa manfaat positif bagi kemajuan daerah," katanya.

Baca juga: Belitung Timur dorong semangat wirausaha pemuda melalui pekan kreasi

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023