Staf Ali Bupati Bangka bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Boy Yandra berharap pihak Puskesmas Pemali mampu meningkatkan mutu pelayanan kesehatan masyarakat.

"Saya berharap setelah menjalani akreditasi, pelayanan kesehatan masyarakat harus lebih ditingkatkan karena akreditasi memberi mempengaruhi terhadap pola penyelenggaraan peningkatan mutu mengikuti perkembangan teknologi dalam tatanan implementasi ," kata Boy Yandra di Sungailiat, Rabu menanggapi penilaian akreditasi  di Puskesmas Pemali.

PenilaiAn dilakukan  oleh Tim Surveyor dari Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Primer (Lafkesfri) yang dipimpin dr Eva Lestasi M.Kes beserta anggotanya 

"Saya berharap setelah menjalani akreditasi, pelayanan kesehatan masyarakat harus lebih ditingkatkan karena akreditasi memberi mempengaruhi terhadap pola penyelenggaraan peningkatan mutu mengikuti perkembangan teknologi dalam tatanan implementasi," kata Boy Yandra.

Menurutnya pelayanan kesehatan yang bermutu mengedepankan prinsip-prinsip pelayanan yang efektif, efisien, adil, transparan dan akuntabel.

Selain itu pula, akreditasi meningkatkan perlindungan bagi sumber daya manusia kesehatan masyarakat dan lingkungan serta puskesmas maupun layanan kesehatan lainnya seperti Klinik Pratama, tempat praktek mandiri dokter dan tempat praktek mandiri dokter gigi.

"Manfaat akreditasi bagi pelayanan kesehatan tingkat pertama atau puskesmas adalah untuk memberikan keunggulan kompetitif, menjamin pelayanan kesehatan primer yang berkualitas. Ini juga untuk meningkatkan pendidikan pada staf dari yang kurang tahu atau setengah tahu menjadi tahu," jelas Boy Yandra.

Puskesmas Pemali nantinya akan menjadi Puskesmas yang Paripurna dan harus karena dianggap mampu meningkatkan pengelolaan risiko, membangun dan meningkatkan kerja tim antar staf dan meningkatkan rehabilitasi dalam pelayanan ketertiban pengelolaan pendokumentasian.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023