Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membekali keterampilan usaha bagi sejumlah pegawai negeri sipil (PNS) di daerah itu sebagai langkah mempersiapkan usaha sebelum masa pensiun.

"Pembekalan keterampilan usaha seperti menanam berbagai jenis sayuran sistem hidroponik dan keterampilan jenis lain diperlukan untuk kegiatan usaha bagi PNS yang sudah pensiun," kata Bupati Bangka Mulkan di Sungailiat, Rabu, saat kegiatan sosialisasi pensiun bagi PNS batas usia pensiun Tahun 2024.

Pengembangan usaha bagi PNS yang sudah pensiun, kata dia, karena dilihat secara fisik masih kuat dan mempunyai semangat untuk beraktivitas.

Tercatat puluhan PNS di Kabupaten Bangka yang akan purna tugas pada 2024. Mereka berasal dari sejumlah instansi di daerah tersebut.

"Saya memberikan apresiasi kepada PNS yang selama puluhan mengabdi dalam menjalankan tugas negara sebagai pelayan masyarakat," kata dia.

Meskipun sudah tidak bekerja lagi di instansi pemerintah, kata Mulkan, pensiunan PNS masih mendapatkan ruang untuk berkarya sesuai dengan kemampuan masing-masing, seperti di sektor perkebunan, pertanian, peternakan maupun sektor produktif yang lain, bahkan terjun ke dunia politik.

Ia juga menyampaikan kalau masa jabatan dirinya bersama dengan Wakil Bupati Bangka Syahbudin akan berakhir pada 27 September 2023. Selanjutnya kepemimpinan Pemerintah Kabupaten Bangka akan diisi seorang pejabat bupati yang ditunjuk langsung oleh kementerian terkait.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023