Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membina pemuka agama guna memotivasi mereka agar tetap aktif memberikan pencerahan spiritual kepada umat beragama.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Bangka Muhammad Jumani di Sungailiat, Jumat, mengatakan pembinaan ini sangat penting untuk menggugah semangat pemuka agama dalam memberikan pembinaan dan pencerahan kepada umat beragama di masing-masing wilayah.

Menurut dia, pemuka agama berperan penting membangun kerukunan atau harmonisasi antarumat beragama yang selama ini terjalin sangat baik.

Dia mengatakan pembinaan pemuka agama merupakan bagian dari tugas pemerintah di bidang sosial dan spiritual dengan tetap memperhatikan nilai-nilai toleransi dan keberadaan keyakinan.

"Mari kita jadikan wadah untuk berdialog, berdiskusi, dan mencari solusi atas berbagai permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat terkait masalah sosial agama," ujar dia.

Muhammad Jumani mengatakan, kerukunan umat beragama di Kabupaten Bangka terjalin baik sehingga tidak pernah ada konflik antarumat beragama.

Kepala Bagian Bina Mental Spiritual Biro Kesra Setda Provinsi Bangka Belitung Sofyan mengatakan pemuka agama berhak memberikan pengetahuan kepada umat, sekaligus sebagai pemimpin dalam hal keagamaan di wilayah masing-masing.

"Dalam keseharian di tengah masyarakat, pemuka agama memiliki peran seperti pengurus kematian, perkawinan, masalah keluarga atau rumah tangga, pelaksanaan hari-hari besar keagamaan begitu juga untuk pemuka agama yang non-Muslim," kata dia.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023