Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berupaya memperkuat kelembagaan untuk mendukung upaya menyukseskan program dan kegiatan pengawasan pelaksanaan berbagai tahapan Pemilu 2024.

"Kami mengimbau seluruh Sekretariat Bawaslu di tingkat kabupaten dan kota untuk segera menyampaikan laporan program dan kegiatan yang akan difasilitasi dengan anggaran prioritas belanja tambahan tahun ini," kata Sekretaris Bawaslu Provinsi Babel Roy Siagian di Pangkalpinang, Selasa.

Menurut dia, laporan program dan kegiatan atas pelaksanaan anggaran prioritas dan progres kesiapan pelaksanaan anggaran belanja tambahan perlu segera disampaikan agar dapat segera direalisasikan.

"Hari ini kita menggelar rapat koordinasi ini sebagai upaya pengendalian antara realisasi anggaran dengan capaian realisasi penyelenggaraan pengawasan pemilu. Dalam waktu dua bulan tersisa di tahun ini beban kerja kita semakin tinggi dan harus diselesaikan," katanya.

Ia mengatakan ada tiga agenda penting yang harus segera dikerjakan Bawaslu provinsi bersama Bawaslu kabupaten/kota se-Babel pada akhir tahun anggaran 2023.

Pertama, kata dia, pelaksanaan anggaran atas ABT, dan kedua, kesiapan dukungan anggaran untuk pendanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 yang terus berproses, serta ketiga, optimalisasi langkah-langkah akhir tahun anggaran 2023.

Baca juga: Bawaslu Babel giatkan upaya pencegahan pelanggaran pemilu 2024

Ia mengingatkan seiring dengan tugas penting yang terus berjalan, Bawaslu kabupaten/kota juga perlu tetap memperhatikan kebutuhan para petugas pengawas pemilu (Panwaslu) di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa di setiap wilayah kerja masing-masing.

"Selain memberikan dukungan sumber daya manusia yang mumpuni dan anggaran, lakukan pembinaan kesekretariatan secara berkala supaya pengawas terhadap lembaga ad-hoc paham peraturan," katanya.

Baca juga: Bawaslu Babel pantau produksi segel Pemilu 2024

Dalam waktu dekat, kata dia, pihaknya juga berencana melibatkan jajaran pengawas pemilu di tingkat kabupaten hingga desa untuk melakukan konsolidasi dalam persiapan menghadapi pemilu dan pilkada.

"Di kantor kesekretariatan, kita juga terus berbenah dalam hal administratif agar anggaran yang disediakan dapat dimanfaatkan dengan optimal untuk kerja pengawasan dan sesuai aturan yang ada. Kepada Bawaslu kabupaten/kota mari kita segera melakukan persiapan agar kegiatan dapat berjalan sebagaimana mestinya," katanya.

Baca juga: Bawaslu Babel awasi proses produksi logistik Pemilu 2024

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023