Sebanyak lima koperasi nelayan di Kabupaten Bangka Tengah, menerima bantuan sarana dan prasarana usaha perikanan dari Pemprov Kepulauan Bangka Belitung.

"Ada sebanyak 25 koperasi nelayan di Babel yang mendapatkan bantuan tersebut, lima di antaranya adalah koperasi nelayan di Bangka Tengah," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Rabu.

Lima koperasi nelayan yang mendapatkan bantuan sarana dan prasarana usaha perikanan di Bangka Tengah yaitu koperasi nelayan Indonesia (Koneli) Sungaiselan, Koptanel Kulur Ilir, Koperasi Barokah, Koperasi Kiara Jaya dan Koperasi Tanjung Sejahtera.

"Tentu kita bersyukur dengan perhatian yang diberikan pemerintah provinsi terhadap nelayan yang ada di Babel khususnya nelayan kita di Bangka Tengah, untuk meningkatkan kesejahteraan," kata bupati.

Ia mengatakan, peran penting pemerintah dalam memberikan pendampingan di sektor perikanan akan menjadi dorongan dalam mencapai peningkatan produksi tangkap ikan.

"Dengan adanya bantuan ini tentu dapat mendorong peningkatan produksi dan kesejahteraan masyarakat pesisir," ujarnya.

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Babel Wahyono mengatakan, koperasi nelayan diberikan bantuan sarana dan prasarana usaha perikanan berupa tool box dan mesin tempel.

"Kita bagikan tool box 220 liter sebanyak 100 unit, mesin tempel 15PK ada 10 unit, lalu mesin tempel 9,8PK sebanyak 46 unit dan mesin tempel 18PK 22 unit," ujarnya.

Wahyono mengatakan bantuan yang berasal dari Dana Insentif Daerah dan APBD ini dibagikan kepada Koneli yang ada di Babel yang tersebar di setiap kabupaten/kota.

"Bantuan kita salurkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing dan kita berharap bantuan ini dapat meningkatkan produktivitas panen ikan serta meningkatkan kesejahteraan nelayan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023