Bakti Sosial (Baksos) Bangga Kencana Kesehatan 2023 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengutamakan pelayanan KB gratis bagi 13.841 warga prasejahtera dan keluarga berisiko stunting meningkatkan kualitas kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

"Baksos tahun ini difokuskan untuk penanganan stunting," kata Ketua Pelaksana Baksos Bangga Kencana Kesehatan Provinsi Kepulauan Babel Muslimin di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan Baksos Bangga Kencana Kesehatan Provinsi Kepulauan Babel tahun ini bertemakan sinergitas kemitraan menuju percepatan penurunan stunting telah dimulai 15 November hingga 15 Desember 2023 dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota se-Kepulauan Babel.

"Kami lebih mengutamakan pemasangan alat kontrasepsi KB gratis kepada 13.841 akseptor dari kalangan masyarakat kurang mampu dan keluarga berisiko stunting," ujarnya.

Ia menyatakan sebanyak 13.841 akseptor KB gratis ini dengan rincian alat kontrasepsi IUD 119 akseptor, MOW 94 akseptor, MOP tujuh akseptor, kondom 502 akseptor, implan 648 akseptor, suntik 9.429 akseptor dan pil 3.042 akseptor.

"Kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas Korem 045 Garuda Jaya, TP PKK dan BKKBN untuk mempercepat menekan angka stunting hingga 14 persen pada 2024," ujarnya.

Menurut dia kegiatan baksos tahun ini dilaksanakan di seluruh tingkat kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan, desa se-Kepulauan Babel secara serentak, sehingga masyarakat prasejahtera dan keluarga beresiko stunting mudah mendapatkan pelayanan KB.

"Kami berharap masyarakat untuk mendatangi pusat-pusat layanan kesehatan di posyandu, pustu dan posko pelayanan lainnya di daerahnya, untuk menyukseskan Baksos Bangga Kencana Kesehatan tahun ini," katanya.
 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023