Pejabat Bupati Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, M. Haris mengajak seluruh lapisan masyarakat daerah tersebut untuk ikut menyukseskan pelaksanaan Pemilu Serentak 2024.

"Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat turut menyukseskan Pemilu 2024, dengan menyampaikan hak suara sesuai hati nurani dan ikut berperan menjaga stabilitas keamanan," kata Haris di Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Minggu.

Dia mengatakan Pemilu Serentak 2024 harus tercipta dengan damai, mengutamakan saling menghormati, serta menjaga persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat.

"Masyarakat jangan mudah terpancing dengan isu-isu yang belum jelas kebenaran," tambahnya.

Menyinggung hasil arahan Kementerian Dalam Negeri dalam rapat secara daring, Jumat (17/11), agar seluruh penjabat kepala daerah menjamin netralitas aparatur sipil negara (ASN), Haris mengatakan pihaknya dan seluruh ASN di Pemkab Bangsa akan netral.

"Masyarakat silakan menyampaikan informasi jika ada ASN di Pemerintah Kabupaten Bangka diketahui tidak netral saat pelaksanaan Pemilu 2024," tegasnya.

Sebelumnya, Kapolres Bangka AKBP Taufik Noor Isya mengajak seluruh masyarakat di daerah itu mewujudkan Pemilu Serentak 2024 dengan damai, tanpa hoaks, tanpa intoleransi, dan tanpa politik identitas.

Taufik meminta masyarakat ikut berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan bersama, dengan segera melaporkan setiap ancaman gangguan keamanan atau informasi yang dapat membahayakan keamanan.

Laporan itu dapat dilakukan secara langsung ke kepolisian terdekat maupun melalui saluran yang telah disediakan.

Selain edukasi ajakan untuk menciptakan pemilu damai, Polres Bangka melalui sektor masing-masing di wilayah kecamatan juga mengoptimalkan patroli rutin untuk memastikan wilayah tersebut tetap aman dan kondusif.

Menjaga persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat harus diutamakan, karena perbedaan pilihan adalah suatu hal yang biasa.

Sementara itu, Ketua KPU Bangka Sinarto mengatakan saat ini tahapan pemilu sedang menghadapi masa kampanye yang dijadwalkan mulai 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024.

Materi kampanye tersebut di antaranya pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, penyebaran bahan kampanye, dan pemasangan alat peraga kampanye di tempat umum.

"Saya minta seluruh masyarakat menciptakan agar pelaksanaan Pemilu 2024 lebih baik dibanding pemilu sebelumnya," katanya.

Dia optimistis Pemilu Serentak 2024 dapat berjalan damai, aman tertib dan lancar. Di Kabupaten Bangka, tercatat tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024 di Kabupaten Bangka sebanyak 911 TPS dengan jumlah daftar pemilih mencapai 234.537 pemilih.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023