Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat pemilih dari kalangan milenial di daerah ini mencapai 54,1 persen dari total pemilih yang masuk dalam daftar pemilih tetap Pemilu 2024.

"Lebih dari setengah total jumlah pemilih yang masuk dalam DPT sebanyak 141.690 orang di daerah ini adalah kalangan milenial," kata Divisi Data KPU Bangka Tengah Endah Lestari dalam acara "coffee morning" bersama kalangan pers di Pangkalanbaru di Pangkalanbaru, Selasa.

Berdasarkan data tabulasi KPU Bangka Tengah tercatat pemilih dari kalangan milenial sebesar 54,1 persen, gen Z 37 persen, gen X 34,7 persen, baby boomer 14,4 persen, dan preboomer 1,2 persen.

"Total pemilih yang masuk dalam DPT mencapai sebanyak 141.690 orang dan kalangan milenial merupakan pemilih potensial," ujarnya.

Endah mengatakan kegiatan sosialisasi terkait kepemiluan saat ini difokuskan kepada pemilih pemula atau gen Z dan kalangan milenial.

"Kita terus ajak dan memberikan edukasi politik kepada mereka untuk berpartisipasi dalam Pemilu 2024 dengan menggunakan hak pilihnya pada 14 Februari 2024," ujarnya.

Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Bangka Tengah Sabpri Aryanto mengatakan, peran kalangan pers sangat menentukan dalam menciptakan pemilu yang partisipatif dan damai.

"Kita siap berkolaborasi dan menggandeng pers untuk menyukseskan pesta demokrasi karena pers adalah elemen sangat penting dalam menentukan wajah demokrasi," ujarnya.

Sabri mengatakan bahwa pihaknya fokus menyasar pemilih dari kalangan perempuan untuk berperan aktif dalam meningkatkan partisipasi pemilih.

"Apalagi satu dari lima komisioner KPU adalah perempuan, tentu ini meningkatkan peranan perempuan dalam Pemilu 2024," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023