Kejaksaan Negeri (Kejari) Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung, menyalurkan bantuan "glass bottom boat" untuk mendukung kemajuan sektor kepariwisatan di daerah setempat.

"Bottom boat atau kapal dengan desain kaca transparan ini, bagian dari upaya kami dalam mendukung pengembangan pariwisata," kata Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (Kasi Datun) Baniara Sinaga di Manggar, Sabtu.

Ia menjelaskan, kapal pariwisata yang melayani wisatawan antar pulau itu sudah dilakukan uji coba dan uji kelayakan.

"Ini bentuk kontribusi dan dukungan kami kepada pemerintah daerah dalam memajukan sektor kepariwisataan, tentu kita berharap kapal ini bisa menjadi daya tarik wisatawan," ujarnya.

Ia juga mengajak para perangkat daerah dan pemangku kepentingan di Kabupaten Belitung Timur untuk saling bersinergi dalam mendukung dunia kepariwisataan.

"Saya berharap dengan 'glass bottom boat' ini, kita bisa saling bersinergi dalam upaya peningkatan sarana dan prasarana lainnya," ujarnya.

Menurut dia, masyarakat lokal juga perlu dilibatkan untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam meningkatkan kunjungan wisata bahari di daerah itu.

Ia mmenjelaskan, melalui "glass bottom boat" ini para wisatawan bisa mengunjungi Pulau Penanas dan Pulau Buku Limau sehingga membutuhkan dukungan masyarakat lokal.

“Kami lihat perlu merangkul masyarakat lokal dengan menyediakan fasilitas 'homestay' yang bekerja sama dengan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) guna meningkatkan potensi ekonomi lokal," ujarnya.

Pihaknya optimistis pariwisata di Kabupaten Belitung Timur akan semakin berkembang dan dikenal masyarakat luas sehingga berdampak terhadap PAD.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023