Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memfokuskan membina dan pengembangan sanggar seni budaya masyarakat, guna meningkatkan kunjungan wisatawan di Negeri Serumpun Sebalai itu.

"Sekarang ini seni kebudayaan ini menjadi daya tarik nomor satu dalam meningkatkan kunjungan wisatawan," kata Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga Kepulauan Babel Wiidya Kemala Sari di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan penyelenggaraan ivent-ivent seni kebudayaan ini tentunya akan menjadi cikal bakal Karisma Event Nusantara (KEN), sehingga menjadi besar dan semakin meningkatkan aktivitas dan kreativitas masyarakat se-Provinsi Kepulauan Babel dalam mendukung pariwisata.

"Alhamdulillah, aktivitas dan kreativitas masyarakat dalam mendukung pariwisata ini sudah cukup baik, namun demikian harus lebih ditingkatkan lagi agar wisatawan tidak hanya menikmati keindahan alam tetapi juga seni budaya masyarakat di daerah ini," ujarnya.

Ia menyatakan dalam meningkatkan ivent seni budaya ini, Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel terus melakukan pembinaan kepada sanggar-sanggar seni yang tersebar di tujuh kabupaten/kota yaitu Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka Selatan, Belitung, Belitung Timur dan Kota Pangkalpinang.

"Pembinaan kepada sanggar seni ini bisa berbentuk dana, pelatihan dan lainnya," katanya.

Ia menambahkan dalam meningkatkan kunjungan wisatawna ini, Pemprov Kepulauan Babel juga mengandeng agent-agent pariwisata untuk promosi pariwisata Kepulauan Babel ke tingkat nasional dan internasional.

"Kemarin kita melakukan promosi wisata di Bandung, Jakarta dan diharapkan kunjungan wisatawan selama liburan Natal dan Tahun Baru 2024 ini meningkat," katanya. ***1***

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023