Sebagai leading sector di bidang pencarian dan pertolongan, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) tentu bertanggung jawab penuh terhadap pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan. 

Dengan segala keterbatasan yang ada saat ini, Basarnas tidak dapat bekerja sendiri sehingga perlu memasyarakatkan SAR ke seluruh penjuru tanah air sesuai dengan amanat undang - undang No. 29 Tahun 2014 Tentang pencarian dan pertolongan. 

Dan meningkatnya kasus kecelakaan dan musibah yang di tangani oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang oleh karena itu perlu diadakannya pembinaan tenaga SAR melalui program SAR Community sehingga dapat menghasilkan semangat kemanusiaan, Kesatuan pola pikir dan pola tindak yang sama untuk memberikan pelayanan pencarian dan pertolongan seoptimal mungkin. 

Sehingga Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang mengadakan Pembinaan SAR Community bagi komunitas Laskar Sekaban yang diadakan di Pantai parai tenggiri Kabupaten Bangka . Tepatnya pukul 10:43 WIB acara tersebut dibuka oleh  Deputi Bina Tenaga dan Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Moh. Barokna Haulah.

Sebanyak 80 orang relawan Laskar Sekaban yang berdomisili di Kabupaten Bangka mengikuti pembinaan tersebut dari tanggal 13-14 Desember 2023.

Dalam kesempatan ini juga Moh. Barokna Haulah, mengungkapkan " Saya harap para peserta sekalian dapat mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat dan dapat menyerap semua materi yang di berikan sehingga dapat bermanfaat di lingkungan sekitar" Ungkap Deputi Bina Tenaga dan Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang baik terhadap komunitas relawan pencarian dan pertolongan terutama komunitas laskar sekaban yang selama ini turut mendukung kerja Basarnas dalam pelaksanaan pencarian dan pertolongan di wilayah kerja Kepulauan Bangka Belitung. Semoga sinergisitas dan solidaritas Basarnas dengan instansi terkait serta komunitas relawan di Kepulauan Bangka Belitung dapat terjalin semakin erat. Semangat Quick Action Satu Jiwa Satu Rasa" tutur Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang I Made Oka Astawa.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023