Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendukung rencana penerbangan carter maskapai Citilink rute Tanjung Pandan - Jakarta di malam hari, guna meningkatkan kunjungan wisatawan di daerah itu.

"Kami menyambut baik dan mendukung rencana penerbangan ini," kata Pj Bupati Belitung, Yuspian di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia, pemerintah daerah memberikan dukungan atas upaya dari sejumlah pihak dan maskapai yang ingin menambah jadwal penerbangan ke Belitung.

"Apalagi dengan harga tiket yang bersaing itu akan lebih baik bagi kami," ujarnya.

Menurut dia, pemerintah daerah juga tidak akan diam dan terus menginisiasi sejumlah pihak guna mewujudkan tambahan penerbangan baik carter maupun reguler ke Belitung.

"Pemerintah daerah tidak tinggal diam kami terus menginisiasi pihak yang ingin menambah jadwal penerbangan ke Belitung baik carteran agau reguler itu lebih baik dan harga tiket dapat kompetitif," katanya.

Yuspian berpendapat, kondisi pariwisata Belitung belum sepenuhnya pulih dari dampak pandemi COVID-19.

Hal ini terlihat dari tingkat keterisian hunian hotel di daerah itu yang berada di bawah angka 27 persen.

"Bahkan laporan yang saya terima di momentum malam pergantian tahun tingkat keterisian kamar hotel sebesar 15 persen artinya banyak kamar hotel yang kosong di malam tahun baru," ujarnya.

Dikatakan dia, biasanya di momentum malam pergantian tahun tingkat keterisian kamar hotel penuh.

"Ini berarti ada kondisi yang belum pulih selepas pandemi COVID-19. Karena kalau hitung-hitungan secara ekonomi apabila tingkat okupansi hotel di bawah 30 persen maka bertahan di waktu yang panjang bisa kolaps," katanya.

Ia optimis, rencana penerbangan carter maskapai Citilink di malam hari mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu.

Selain itu, kehadiran penerbangan ini juga diharapkan mampu menekan dan mengendalikan inflasi di daerah itu.

"Karena inflasi tinggi salah satunya dipicu oleh kenaikan harga tiket pesawat," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024