Muntok (Antara Babel) - Harga daging sapi di Pasar Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menembus Rp150.000 per kilogram pada dua hari menjelang Idul Fitri 1437 Hijriah.

"Kemarin masih dijual rata-rata Rp130.000 per kilogram, namun hari ini sudah naik menjadi Rp150.000," kata Rini, ibu rumah tangga di Muntok, Senin.

Ia mengatakan lonjakan harga tersebut dinilai cukup memberatkan konsumen karena kebutuhan yang lain juga harus dipenuhi untuk keperluan Lebaran.

Ia memperkirakan harga tersebut akan meningkat lagi pada sehari jelang Idul Fitri seiring semakin meningkatnya permintaan konsumen.

"Ke depan pemerintah kami harapkan bisa campur tangan dalam mengatasi masalah ini, minimal bisa menjamin harga tetap di Rp100.000 per kilogram agar masyarakat terbantu," katanya.

Selain harga daging sapi, daging ayam juga mengalami penaikan harga sekitar Rp7.000 dibandingkan harga pada hari biasa.

"Saat ini daging ayam utuh kami jual Rp35.000 per kilogram, kalau kemarin masih Rp32.000," kata pedagang daging ayam di Pasar Muntok.

Ia mengatakan harga tersebut bisa saja naik pada sehari menjelang Lebaran dan diperkirakan penaikan akan menembus harga Rp40.000 per kilogram.

Menurut dia, tingginya harga daging dipengaruhi oleh meningkatnya permintaan dari konsumen untuk memenuhi kebutuhan makanan yang akan disajikan pada perayaan Idul Fitri.

"Tradisi saling berbagi makanan antar tetangga mendorong meningkatnya permintaan daging ayam," katanya. 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016