Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkatkan peran pemuda dalam merawat kebhinekaan, dengan memperkuat pendidikan karakter.

"Pendidikan karakter ini penting dalam merawat kebhinekaan, karena kita hidup dalam keberagaman," kata Bupati Belitung Timur Burhanudin di Manggar, Rabu.

Menurut dia, peran generasi muda menjadi kunci penting dalam membangun kebhinekaan dan persatuan.

"Dengan menghargai perbedaan itu generasi muda dapat membangun kebersamaan yang kuat dan menghindari konflik dan berbagai permasalahan,” kata Burhanudin saat menjadi narasumber dalam seminar yang berlangsung di SMA Negeri 1 Manggar.

Dalam materi seminarnya, Burhanudin juga menyinggung terkait pernikahan dini. Begitu juga faktor kemampuan ekonomi masyarakat yang tidak memadai sehingga anak putus sekolah.

"Kami melihat tidak sedikit anak yang putus sekolah, termasuk anak menikah usia dini dan faktor ekonomi keluarga," ujarnya.

Ia meminta para guru sebelum mengajar dapat mengenalkan kultur budaya setempat dan kenali siapa yang dididik serta menanamkan karakter cinta tanah air.

"Ini merupakan strategi pembelajaran di sekolah yang ampuh untuk membangun dan mengembangkan pendidikan multikultural yang lebih baik,” jelas Aan panggilan akrab bupati.

Kepala Sekolah SMAN 1 Manggar Sabarudin menjelaskan, untuk memperkuat pendidikan karakter dalam bingkai merdeka belajar, peran guru atau tenaga pendidik sangat penting dalam mendidik generasi muda agar memiliki karakter yang kuat.

“Kami melihat unsur karakter sangat penting dalam membentuk generasi muda di tengah-tengah perbedaan," ujarnya.

Karena itu, guru harus punya pemahaman yang baik bagaimana melaksanakan program kebhinekaan di sekolah atau di lingkungan yang keras.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024