Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memperkuat peran kerja sama dengan pihak swasta dan lembaga perbankan guna membantu mewujudkan pembangunan yang telah diprogramkan.

"Kerja sama yang kuat dengan swasta, lembaga perbankan termasuk dengan masyarakat merupakan pondasi utama mencapai tujuan pembangunan yang diharapkan," kata Pejabat Bupati Bangka, M Haris di Sungailiat, Kamis.

Pola kerja sama dengan berbagai pihak, kata dia, tidak hanya diterapkan pemerintah daerah, melainkan pula diterapkan juga oleh pemerintah pusat.

"Saya yakin peran swasta melalui program tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility (CSR), akan membantu mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," jelas dia.

CSR bukan sekadar komitmen bisnis terhadap sosial dan lingkungan. Tetapi bentuk tanggung jawab yang bermanfaat bagi perusahaan, komunitas setempat, serta keseluruhan masyarakat. 

"Melalui CSR, perusahaan bukan hanya memperbaiki reputasi dan citra, tetapi juga membangun hubungan yang harmonis dengan pemerintah daerah serta meningkatkan daya saing dan kinerja," kata M Haris.

Menurutnya, program CSR dari perusahaan memberikan dampak positif yang besar terutama terhadap masyarakat dan pembangunan daerah yang berkelanjutan, peningkatan kualitas hidup, perlindungan lingkungan, dan target-target pembangunan yang lain.

M Haris mengatakan pada 2024 program forum CSR Bangka yang harus diprioritaskan, yakni kesehatan, penurunan angka stunting, rumah layak huni, beasiswa bagi pelajar dan menuntaskan kemiskinan ekstrim.

Begitu pula dukungan dari masyarakat dapat diwujudkan dengan disiplin dalam pembayaran pajak bumi dan bangunan karena pajak yang dihimpun dari masyarakat akan dikembalikan lagi ke masyarakat dalam bentuk pembangunan infrastruktur maupun fasilitas umum yang lain.

Berbagai program yang direncanakan tersebut secara bertahap harus diwujudkan dengan keterlibatan peran swasta, lembaga perbankan dan masyarakat.

"Saya optimis dengan terbangun kerja sama yang kuat, pembangunan di Kabupaten Bangka dapat tercapai sesuai harapan," kata dia.

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024