Pejabat Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M Haris menyebut Dewan Kesenian Bangka (DKB) nantinya mampu melestarikan kesenian dan budaya guna kepentingan pembangunan daerah.

"Sebagai organisasi seni, saya berharap penuh DKB mampu membantu pemerintah dalam melestarikan seni dan budaya untuk mendukung sektor pariwisata yang diunggulkan," katanya di Sungailiat, Jumat, menanggapi pengukuhan kepengurusan DKB Bangka periode 2022-2026.

Pemerintah Bangka kata dia, membutuhkan peran dari pelaku seni dalam memajukan daerah, pembangunan tidak lepas dari peran seni dan budaya. Pemkab Bangka berkomitmen untuk memberi alokasi segala hal bagi para pelaku seni khususnya melalui wadah DKB.

"Semakin moderen dan maju maka tugas DKB kian berat, tetapi saya yakin DKB mampu melakukannya, sampai anak cucu kita nanti," kata M Haris.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Rismy Wiara Maddona mengatakan, DKB terbagi dalam enam komite akan menjadi mitra kerja strategis Pemerintah Kabupaten Bangka membantu merumuskan kebijakan dalam rangka mendukung kegiatan dan pengembangan kehidupan kesenian.

"Organisasi ini cukup strategis membantu pemerintah dalam merumuskan kegiatan pengembangan kesenian dan budaya daerah," katanya Rismy.

Dewan Kesenian Bangka dibentuk berdasarkan undang-undang nomor: 5 tahun 2017 tentang pemajuan Kebudayaan, Permendagri No 52 Tahun 2007 tentang pedoman pelestarian dan pengembangan adat istiadat dan nilai sosial budaya masyarakat.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024