Menjelang penilaian kinerja Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) tingkat nasional untuk periode tahun 2023, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan capacity building TPID pada Kamis, 1 Februari 2024 di Hotel BW Suite Belitung. 

Kepala kantor Perwakilan BI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rommy S Tamawiwy, Senin (5/1), mengatakan kegiatan tersebut merupakan upaya peningkatan kompetensi anggota TPID khususnya dalam  meningkatkan kualitas program-program unggulan serta pelaporan menjelang pelaksanaan TPID Award yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2024.

Rommy menyampaikan pentingnya sinergi dalam menyukseskan program-program pengendalian inflasi di Bangka Belitung. Laporan dan dokumentasi program-program TPID di masing-masing daerah juga merupakan hal penting ditata dengan baik. Pada Desember 2023, angka inflasi Babel berada di rentang target 3+1% yaitu 2,65% (yoy). 

"Hal ini merupakan keberhasilan TPID bersama mitra strategis lainnya dalam melaksanakan program-program pengendalian. Untuk itu setiap program-program unggulan di setiap daerah perlu didokumentasikan dengan baik," katanya.

Acara dihadiri pula oleh perwakilan Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Megawati Suroso serta pejabat dan tim teknis TPID tingkat provinsi dan kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dengan narasumber dari BI Babel, pejabat Kementerian Dalam Negeri, serta TPID kabupaten Tasikmalaya yang merupakan juara TPID Award kategori Kab/Kota Berprestasi 2023 di wilayah Jawa dan Bali. 

Dalam kegiatan capacity building ini juga terdapat coaching clinic dan workshop penyusunan laporan TPID oleh Kementerian Dalam Negeri RI yang menjelaskan evaluasi penilaian kinerja TPID dan mendorong untuk memliki program unggulan atau inovasi yang mencerminkan tugas pokok 4K (Ketersediaan Pasokan, Keterjangkauan Harga, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi Efektif), serta tata cara pembuatan dan kiat-kiat dalam penyampaian dokumen laporan TPID yang menjadi aspek penilaian kategori dan pengukuran kinerja dalam TPID Award.

Pada tahun lalu terdapat 2 kabupaten di Bangka Belitung peraih nominasi TPID Award, yaitu Kabupaten Belitung (nominasi TPID kab/kota Terbaik) dan Kabupaten Belitung Timur (nominasi TPID kab/kota Berprestasi). Bank Indonesia berharap tahun ini terdapat TPID peraih juara yang berasal dari provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024