Kantor Imigrasi Kelas I Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membuka pelayanan "Paspor Simpatik Akhir Pekan", guna memudahkan masyarakat dalam pengurusan paspor menjelang dan selama liburan Imlek 2024.

"Menjelang imlek tahun ini, masyarakat mengurus paspor masih normal sekitar 70 hingga 80 orang per hari," kata  Plh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Pangkalpinang Jose Rizal di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan pelayanan paspor simpatik akhir pekan ini, sebagai bentuk inovasi Kantor Imigrasi Pangkalpinang untuk memudahkan masyarakat mengurus atau memperpanjang paspor selama liburan Imlek yang jatuh pada 10 Februari 2024.

"Dengan adanya layanan Sabtu, Minggu atau liburan imlek ini tentunya memudahkan masyarakat mengurus paspor. Mungkin warga yang sempat mengurus paspor pada Senin hingga Kamis, mereka bisa mengurusnya pada hari libur ini," katanya.

Ia menyatakan pelayanan paspor simpatik akhir pekan ini tidak hanya dilaksanakan di Kantor Imigrasi Pangkalpinang tetapi juga di pusat-pusat perbelanjaan seperti Bangka Trade Center (BTC) Pangkalpinang dan tempat objek wisata seperti di Tong Aci Bangka.

"Kami siap mendatangi kelompok masyarakat yang ingin melakukan pengurusan paspor ini," katanya.

Ia menambahkan syarat untuk paspor baru, pemohon harus membawa KTP elektronik, kartu keluarga, akte lahir atau buku nikah atau ijazah, membawa dokumen asli dan foto kopi satu lembar serta meterai Rp10 ribu sebanyak satu lembar.

Kemudian pada penggantian paspor, pemohon membawa KTP elektronik, paspor lama, membawa dokumen asli dan foto kopi sebanyak satu lembar serta menyediakan meterai Rp10 ribu sebanyak satu lembar.

Sementara itu, untuk permohonan paspor biasa dikenakan biaya Rp350 ribu dan paspor elektronik sebesar Rp650 ribu. Pemohon layanan paspor diharapkan untuk menggunakan sepatu, pakaian sopan dan rapi, berkerah, serta dianjurkan tidak menggunakan baju berwarna putih.

"Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, semoga pelaksanaan paspor simpatik ini dapat berlangsung dengan lancar tanpa ada hambatan dan masyarakat dapat terlayani dengan baik sesuai dengan waktu yang telah ditentukan," katanya.  

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024