Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun ini menyiapkan sejumlah program dan kegiatan untuk meningkatkan keterampilan tenaga kerja di daerah itu.

"Kami berharap melalui beberapa kegiatan yang sudah disiapkan bisa membantu meningkatkan daya saing tenaga kerja kita sekaligus memberikan motivasi agar mereka setelah ikut pelatihan mampu membuka lapangan kerja mandiri," kata Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bangka Barat Yuwanda Eka Putra di Mentok, Kamis.

Menurut dia, beberapa kegiatan pelatihan yang akan digelar di Balai Latihan Kerja Pemkab Bangka Barat itu terdiri atas pelatihan keterampilan pengelasan, perakitan baja ringan, kelistrikan, perawatan dan perbaikan pendingin ruangan, dan otomotif.

"Untuk kali ini tiga peserta terbaik akan mendapatkan penghargaan khusus berupa bantuan peralatan," ujarnya.

Dengan adanya bantuan yang diberikan kepada peserta terbaik diharapkan memberikan motivasi kepada peserta untuk mengikuti kegiatan secara sungguh-sungguh agar semakin terampil.

Dengan modal keterampilan ditambah bantuan peralatan yang diberikan diharapkan bisa mendorong peserta untuk melanjutkan langkah dengan membuka usaha baru sesuai bidang yang digeluti.

"Diharapkan mereka bisa membuka usaha baru kemudian menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk warga yang ada di sekitar," katanya.

Selain dengan pola mandiri, para peserta juga bisa bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di wilayah masing-masing agar usaha yang dijalankan bisa semakin berkembang.

Selain mencetak tenaga kerja siap mandiri, melalui kegiatan itu juga diharapkan mampu menyiapkan tenaga kerja terampil yang bisa mengisi kebutuhan perusahaan.

"Tidak ada batasan usia untuk mengikuti kegiatan ini, salah satu syarat calon peserta memiliki KTP Bangka Barat," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024