Ikatan Keluarga Penyandang Disabilitas (IKPD) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berharap Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024 ramah bagi para penyandang disabilitas di daerah itu.

"Kami berharap agar TPS Pemilu 2024 dapat ramah bagi penyandang disabilitas," kata Humas IKPD Belitung, Diah Puspita Sari di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, TPS yang ramah bagi disabilitas akan memudahkan para penyandang disabilitas dalam menggunakan hak pilihnya pada pelaksanaan Pemilu 2024.

IKPD Belitung berharap agar akses jalan ke TPS tidak landai, licin, dan becek sehingga memudahkan bagi para penyandang disabilitas.

"Karena sekarang kondisinya musim hujan jadi kami berharap agar akses masuk ke TPS Pemilu 2024 dapat diperhatikan bagi penyandang disabilitas," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, penempatan kotak suara Pemilu 2024 juga tidak terlalu jauh dengan pintu masuk, sehingga memudahkan dalam memasukkan surat suara yang sudah dicoblos dari bilik suara.

Ia berharap, pihak Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS Pemilu 2024 menyiapkan satu orang petugas pendamping yang bisa membantu dan mengarahkan penyandang disabilitas.

"Contohnya adalah disabilitas daksa mungkin butuh bantuan untuk digandeng (tuntun) begitu juga dengan tuna netra," katanya.

Petugas KPPS Pemilu 2024 juga diharapkan dapat menyiapkan satu kursi roda bagi penyandang disabilitas yang datang ke TPS.

"Bagi penyandang disabilitas yang memang tidak bisa datang ke TPS kami harapkan petugas KPPS bisa mendatangi rumah yang bersangkutan agar tetap bisa menyalurkan hak pilihnya di Pemilu 2024," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024