Pejabat Bupati Bangka M Haris berharap target partisipasi pemilih pada pencoblosan (14/2) mampu mencapai target 77 persen.

"Saya berharap angka partisipasi pemilih untuk memilih presiden dan wakil serta wakil di legislator baik di tingkat daerah sampai pusat mampu mencapai 77 persen," kata M Haris di Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jumat.

M Haris memberikan apresiasi besar kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Bangka yang masuk dalam daftar pemilih, dapat menyampaikan hak suara serta mendukung pelaksanaan Pemilu 2024 sehingga berjalan lancar, aman dan tertib.

"Begitu pula saya memberikan apresiasi kepada penyelenggara pemilu baik KPU maupun Bawaslu yang telah sukses menyelenggarakan pemilihan umum, meskipun saat ini masih dalam proses penghitungan sesuai tahapan," kata dia.

Dia menyarankan, seluruh lapisan masyarakat untuk bersabar memperoleh informasi hasil pemilu langsung dari KPU sebagai lembaga berwenang dalam penghitungan suara.

"Masyarakat harus bersabar sampai KPU menyampaikan hasil penghitungan suara yang sebenar-benarnya, jangan mudah terprovokasi dari informasi yang belum jelas kebenarannya," ujarnya.

M Haris mengajak masyarakat bersama-sama mengawal penghitungan suara yang dilakukan oleh penyelenggara.

Sementara komisioner KPU Bangka Corri Ihsan mengatakan, target partisipasi pemilih sebesar 77 persen lebih sesuai dengan target yang ditetapkan KPU pusat.

"Mudah-mudahan target yang ditetapkan itu mampu dicapai, kami telah berusaha semaksimal mungkin mengajak masyarakat menyampaikan hak pilih pada pemilu 14 Februari 2024," kata dia.

Bahkan kata dia, pihaknya sebelumnya sudah mengajak seluruh peserta pemilu untuk bersama-sama menyosialisasikan Pemilu 2024 kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Bangka yang tersebar di delapan kecamatan, termasuk pula melibatkan peran media masa.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024