KPU Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meminta masyarakat untuk bersabar menunggu hasil penghitungan suara Pemilu Pilpres dan Pileg 2024 secara resmi dari penyelenggara pesta demokrasi di Kota Beribu Senyuman tersebut.
 
"Kami berharap tidak terburu-buru mempercayai hasil penghitungan suara quick count atau penghitungan cepat yang dikeluarkan oleh sejumlah lembaga survei," kata Devisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Pangkalpinang Rido Istira di Pangkalpinang, Sabtu.
 
Ia mengatakan hasil penghitungan suara cepat pemilihan presiden, DPD, DPR, DPRD provinsi, kabupaten dan kota Pemilu 2024 yang telah dirilis oleh beberapa lembaga survei ini hanya bersifat prediksi dari masing-masing lembaga survei tersebut.
 
"Kita tunggu hasil resmi dari KPU, karena hasil hitung cepat dari lembaga survei ini masih bersifat prediksi," ujarnya.
 
Menurut dia hasil penghitungan cepat yang dirilis lembaga survei ini cukup memberikan dampak dan menimbulkan gejolak di masyarakat khususnya relawan-relawan calon presiden, parpol dan caleg yang memperoleh suara kurang baik.

Baca juga: KPU Pangkalpinang tunda pleno rekapitulasi suara tingkat kecamatan

Baca juga: KPU Pangkalpinang tuntaskan selisih hitung suara di TPS
 
"Ini dinamika politik dan ini tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, diharapkan timses, relawan untuk bersabar untuk menunggu hasil resmi penghitungan suara dari KPU," katanya.
 
Ia menyatakan hingga saat ini, KPU Kota Pangkalpinang belum ada menerima gugatan dari Bawaslu dan peserta pemilu tahun ini, terkait perolehan suara, perolehan kursi yang diperoleh caleg.
 
"Hingga saat ini belum ada gugatan yang masuk, karena pelaksanaan pencoblosan hingga penghitungan suara di TPS berjalan, lancar, aman dan sesuai dengan aturan berlaku," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024