Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat angka partisipasi Pemilu 2024 di daerah itu mencapai 87,60 persen.

"Angka tersebut kita dapatkan setelah ada hasil rekapitulasi perolehan suara di tingkat kecamatan," kata Ketua KPU Bangka Tengah Supendi di Koba, Senin.

KPU Bangka Tengah mencatat angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 mengalami kenaikan jika bandingkan angka partisipasi dalam Pemilu 2019 sebesar 83 persen.

"Angka partisipasi ini memang sudah sesuai dengan target kami dan pencapaian itu karena kerja keras bersama, tidak hanya pihak KPU tetapi juga kalangan media, peserta pemilu dan masyarakat pemilih," ujarnya.

Peran serta semua elemen mulai dari melakukan sosialisasi yang gencar dari penyelenggara pemilu baik dari KPU, PPK, PPS dan KPPS.

"Ditambah lagi peran serta pemerintah daerah yang ikut dalam menyosialisasikan pemilu kepada pemilih pemula," ujarnya

Ia juga memberikan apresiasi kepada kalangan pers yang merupakan mitra strategis dalam memberikan edukasi politik kepada masyarakat.

"Peran kawan-kawan pers yang aktif memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat terkait Pemilu 2024, sangat membantu dalam meningkatkan partisipasi pemilih," ujarnya.

Ia mengatakan, tingginya partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024 bagian dari suksesnya pesta demokrasi dan menunjukkan bahwa kehidupan berdemokrasi berjalan dengan baik di masyarakat.

"Angka partisipasi ini tertinggi jika dibandingkan pemilu sebelumnya, tentu ini bagian dari keberhasilan bersama. Bukan hanya keberhasilan KPU, tetapi juga lembaga lainnya yang terlibat dalam proses berdemokrasi ini," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024