Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024.

"Rapat pleno rekapitulasi perolehan suara kita gelar setelah sebelumnya menuntaskan rekapitulasi di tingkat kecamatan atau Panitia Pemilih Kecamatan (PPK)," kata Ketua KPU Bangka Tengah Supendi di Koba, Selasa.

Rapat pleno yang digelar pada Selasa (27/2) hingga Rabu (28/2) di Hotel Soll Marina itu, melakukan rekapitulasi perolehan suara calon presiden dan wakil presiden, DPD, DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

"Rapat pleno terbuka hasil penghitungan suara Pemilu 2024 dihadiri para peserta pemilu, para saksi, Bawaslu Bangka Tengah dan berbagai pemangku kepentingan lainnya," ujarnya.

Supendi mengatakan, semua tahapan pemilu mulai dari kegiatan kampanye hingga hari pungut hitung berjalan dengan lancar dan sudah sesuai aturan yang ada.

"Tidak ada kendala dalam melaksanakan berbagai tahapan pemilu dan kami memberikan apresiasi kepada berbagai pihak terutama PPK, Bawaslu, peserta pemilu, aparat kepolisian dan TNI yang turut terlibat dalam menyukseskan pesta demokrasi ini," ujarnya.

Supendi juga mengatakan, angka partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024 mencapai 87,60 persen atau angka tertinggi sepanjang gelaran pesta demokrasi di Bangka Tengah.

"Ini angka partisipasi tertinggi jika dibandingkan pemilu sebelumnya, pada 2019 hanya mencapai 83 persen dan ini menunjukkan masyarakat sudah sadar bahwa pemilu merupakan bagian dari hak demokrasi mereka," ujarnya.

Ketua Bawaslu Bangka Tengah Marhaendra Yuliansyah mengatakan pelaksanaan Pemilu 2024 tanpa ditemukan konflik politik dan tindak pidana pemilu.

"Ini membuktikan semua pihak sudah memiliki kesadaran yang tinggi bahwa pemilu bukan soal perbedaan pilihan, bukan memicu perpecahan tetapi sebaliknya bagian dari hak demokrasi mereka," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024