Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA menyatakan satu orang calon haji asal Bangka Selatan batal berangkat menunaikan ibadah haji 1445 Hijriah, karena sakit.

"Satu orang calhaj berhalangan berangkat karena sakit," kata Safrizal ZA usai melepas keberangkatan 450 calhaj tergabung dalam kloter 4 di Pangkalpinang, Rabu dini hari.

Ia mengatakan satu orang calhaj asal Kabupaten Bangka Selatan batal berangkat beribadah haji tahun ini, karena kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan untuk melakukan perjalanan menuju Tanah Suci Mekah.

"Dengan adanya pembatalan keberangkatan satu orang calhaj ini, maka jumlah total calhaj asal Kepulauan Babel tahun ini menjadi 1.111 orang," ujarnya.

Ia menyatakan satu orang calhaj ini akan ditunda berangkat haji 2025, karena tidak sempat lagi dilakukan penggantian.

Baca juga: Info Haji 2024 - Pj Gubernur Babel lepas keberangkatan 450 calhaj

"Tidak sempat lagi digantikan dan mudah-mudahan calhaj ini bisa menunaikan ibadah haji tahun depan," katanya.

Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Babel H Rebuan mengatakan hasil pemeriksaan tim kesehatan, kondisi kesehatan calhaj ini tidak laik melakukan perjalanan jauh.

"Kemarin red-Senin (13/5) tim kesehatan langsung mendatangi rumah yang bersangkutan guna memastikan kondisi kesehatan, apakah laik untuk terbang atau tidak untuk melaksanakan ibadah haji di tanah suci Mekah," katanya.

Ia menyatakan hasil pemeriksaan kesehatan calhaj ini sudah melaporkan Sistem Pengelolaan Data dan Informasi Penyelenggaraan Ibadah Haji (Sikohat) Kemenag untuk pembatalan Visa.

"Ibadah haji itu, fisik harus sehat pada tempat dan waktu tertentu dalam melaksanakan ibadah haji, agar fisik sehat maka kesehatan harus dijaga terutama bisa mengendalikan pola fikir untuk selalu optimis," katanya.  

Baca juga: Info Haji 2024 - Seorang calon haji wafat di Madinah akan dibadalhajikan

Baca juga: Info Haji 2024 - Calon jamaah haji Bangka diberangkatkan jelang subuh

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024