Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA meminta petugas pembimbing haji untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada calon haji (calhaj) berusia lanjut selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci Mekah.

"Saya meminta petugas untuk membantu dan mendampingi para jamaah dengan segala keikhlasan dan kompetensi yang dimiliki, jaga amanah dan tanggungjawab yang telah diberikan," kata Safrizal ZA di Pangkalpinang, Kamis.

Ia tidak menginginkan ada logika terbalik yang terjadi. Jangan sampai ada jamaah yang justru melayani petugas. Oleh karena itu, bekerjalah dengan baik, layani para jemaah seakan-akan mereka adalah bagian dari keluarga. 

"Yang lebih tua anggap ayah ibu, paman atau bibi kita, yang sebaya anggap kakak atau abang dan yang lebih muda anggap adik," pesannya. 

Menurut dia bersaudara karena iman. Insya Allah akan membawa kebaikan dunia akhirat. Jadilah petugas yang mendapat kebaikan di dunia dan akhirat. Tidak saja menjadi petugas terbaik di mata jemaah tetapi juga terbaik di mata Allah SWT. 

"Semoga Allah SWT memberikan kemudahan hingga calhaj ini kembali ke tanah air dengan selamat," katanya.

Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Babel H Rebuan mengatakan jumlah calhaj yang berangkat haji 2024 sebanyak 1.111 orang dan calhaj berusia lansia cukup banyak dibandingkan tahun sebelumnya.

"Calhaj lansia tahun ini cukup banyak. Paling tinggi usia calhaj yang berangkat tahun ini berusia 83 tahun dan termuda 19 tahun," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024