Sebanyak 149 calon haji Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mulai diberangkatkan ke tanah suci Makkah yang tergabung dalam Kloter 5.

"Malam ini jamaah kita mulai masuk Asrama Haji, kemudian pada Jumat (17/5) akan diberangkatkan ke Palembang dan malamnya berangkat ke Madinah," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman dalam acara ramah tamah bersama 149 calon haji di Pangkalanbaru, Kamis.

Ia menyampaikan ucapan selamat dan doa untuk  jamaah yang akan menyempurnakan rukun Islam itu.

“Bapak Ibu merupakan orang terpilih yang menjadi tamu Allah SWT, kami selalu mendoakan agar dimudahkan dalam menjalankan ibadah, diberikan kesehatan, menjadi haji yang mabrur, dan pulang dengan kondisi yang baik,” tutur Algafry.
 

Dalam kesempatan itu dia juga menitipkan pesan agar selalu bersabar dalam kondisi apapun saat menunaikan rukun haji di Makkah dan Madinah.

“Bapak dan Ibu harus kantongi seribu kesabaran saat menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji, kalau sabar insya Allah semua bisa ringan," kata Algafry.

Kepala Kantor Kemenag Bangka Tengah Muhammad Karyawan mengatakan ibadah haji bukan hanya perjalanan fisik semata, melainkan perjalanan spiritual, perjalanan batin dan hati yang mengarahkan seorang Muslim untuk memperkuat hubungannya dengan Allah SWT.

“Mari sibukkan perjalanan spiritual ini dengan diri dan hati, sibukkan dengan yang mengundang kita yakni Allah SWT," ujarnya.

Karyawan juga memohon maaf apabila ada pelayanan di Kantor Kemenag Bangka Tangah yang belum maksimal.

“Kami memohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan selama pelayanan kami sejak mulai mendaftar haji hingga hari ini, semoga bapak dan ibu dimudahkan dan menjadi haji yang mabrur," ujarnya.

Zulkifli (80), calon haji dari Kelurahan Arung Dalam, Kecamatan Koba tampak bahagia setelah penantian ibadah haji selama 13 tahun.

“Alhamdulillah, sangat bersyukur, insya Allah dengan izin Allah SWT semuanya akan lancar. Kondisi fisik dan mental saya sudah benar-benar siap," katanya.

Zulkifli terlihat sangat bahagia kendati sudah berusia senja, tetapi dirinya yakin Allah SWT akan memberi kekuatan dan kesehatan selama menjalan ibadah haji.

"Kami yang sudah umur tua ini juga insya Allah dibantu pemerintah daerah melalui program ramah lansia Kemenag Bangka Belitung dan bantuan sarana dari Pemkab Bangka Tengah," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024