Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai menyiapkan lahan untuk pembangunan kampus Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman Babel).

"Kita sudah membahas terkait hibah lahan bersama pihak Polman Babel, rencananya pada 2025 mulai pembangunan kampus," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah Sugianto di Koba, Rabu.

Pembangunan kampus Polman Babel di Bangka Tengah merupakan realisasi dari komitmen kerja sama dengan manajemen perguruan tinggi tersebut dalam pengembangan dunia pendidikan di daerah setempat.

Ia mengatakan rencana ini suatu kolaborasi dan terobosan untuk pembangunan Bangka Tengah dan akan mempunyai efek positif bagi pengembangan dunia pendidikan.

“Ini merupakan suatu terobosan bagi pembangunan Bangka Tengah untuk semakin meningkatkan SDM yang semakin unggul melalui bidang perguruan tinggi," ujarnya.

Tidak hanya untuk SDM, katanya, tetapi juga kemudahan akses pendidikan, pengembangan ekonomi lokal, hingga berbagai inovasi serta penelitian menjadi manfaat atas berdiri Polman Babel.

"Kita sudah mulai mempersiapkan lahan, tentu saja ini sebagai tanda bahwa Kampus Polman Babel akan segera berdiri di Bangka Tengah," ujarnya.

Terkait hibah lahan, kata dia, sudah berkoordinasi secara teknis melalui para Asisten Sekretaris Daerah Bangka Tengah serta OPD, seperti Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Lingkungan Hidup, dan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah untuk membantu proses akselerasi hibah lahan.

"Kami saling berkoordinasi satu sama lain agar akselerasi ini dapat kita lakukan karena Polman Babel sudah menyusun action plan untuk melakukan proses pembangunan pada 2025,” kata Sugianto.

Direktur Polman Babel I Made Andik Setiawan mengatakan perguruan tinggi mempunyai andil memajukan dunia pendidikan serta SDM di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, termasuk Kabupaten Bangka Tengah.

“Tentu saja kami memberikan apresiasi kepada Pemkab Bangka Tengah untuk bersama-sama meningkatkan kualitas SDM melalui dunia pendidikan," ujarnya.

Ia mengatakan Kabupaten Bangka Tengah lokasi strategis untuk pembangunan Polman Babel karena posisinya yang berada di tengah-tengah wilayah itu.

"Dengan posisinya yang strategis, kita harapkan baik itu masyarakat Bangka Tengah maupun daerah lain seperti Bangka Selatan dapat menjadikan Polman Babel sebagai tempat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024