Pemkab Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, menggandeng Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (Abpednas) agar bisa bersama-sama menyukseskan pembangunan daerah yang dimulai dari desa masing-masing.

"Badan Permusawaratan Desa (BPD) merupakan lembaga representasi publik yang memiliki peran dan fungsi strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan di desa, oleh karena para anggota BPD memiliki kewajiban untuk bekerja sama dengan pemerintah desa agar bisa menjalankan program dan kegiatan sehingga desa dan daerah semakin maju," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Babel, Senin.

Untuk mendukung upaya pengembangan anggota BPD yang tergabung dalam Abpednas Kabupaten Bangka Barat, pekan lalu organisasi tersebut telah melaksanakan bimbingan teknis optimalisasi peran tugas dan fungsi BPD setelah diterbitkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Desa.

Sukirman berharap para anggota BPD mampu menyerap bimbingan teknis yang digelar dan menjadikan materi itu sebagai referensi dalam upaya bersama meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di desa masing-masing.

Menurut dia, BPD merupakan mitra pemerintah desa yang salah satu tugasnya menyerap aspirasi warga, menggali potensi desa dan masyarakat untuk kemudian dibahas di dalam pertemuan dengan perangkat pemerintah desa untuk dijadikan bahan penyusunan rencana program dan kegiatan pembangunan desa.

Untuk itu, perlu kerja sama yang baik antara anggota BPD dengan pemerintah desa agar program dan kegiatan pembangunan yang disusun bisa direalisasikan sesuai kebutuhan masyarakat dan memberikan manfaat untuk kemajuan desa.

Ketua Abpednas Kabupaten Bangka Barat, Jumrin mengatakan tujuan bimbingan teknis sekaligus sosialisasi Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 itu diharapkan mampu meningkatkan dan memperkaya wawasan ilmu pengetahuan para anggota agar semakin optimal dalam menjalankan peran dan fungsi sebagai anggota BPD.

"Hal ini penting dilakukan agar kita semakin terampil dan kompeten sebagai anggota BPD sehingga apa yang kita kerjakan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat," katanya.

Selain itu, ia juga memberikan apresiasi kepada Bupati Bangka Barat yang selalu memberikan dukungan dalam setiap kegiatan BPD, memperhatikan kesejahteraan pengurus BPD dengan menaikkan tunjangan dan mengikutsertakan dalam program BPJS ketenagakerjaan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024