Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Edi Usdianto terpilih sebagai ketua Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) periode 2024-2028 secara aklamasi.

Edi Usdianto merupakan calon tunggal ketua PBVSI Belitung periode 2024-2028 dalam Musyawarah Kabupaten (Muskab) PBVSI Belitung tahun 2024 yang berlangsung di ruang rapat Dispora Belitung, Sabtu (15/6).

"Olahraga bola voli ini memiliki potensi untuk membawa Belitung menjadi lebih baik ke depannya," kata Ketua PBVSI Belitung terpilih periode 2024-2028, Edi Usdianto di Tanjung Pandan, Sabtu.

Menurut dia, sebagai ketua baru dirinya memiliki tanggung jawab yang besar dalam memajukan olahraga bola voli termasuk melakukan pembinaan terhadap para atlet dan klub-klub voli di daerah itu.

"Partisipasi dari perseorangan maupun badan usaha dalam memajukan dan menggairahkan olahraga bola voli di Belitung cukup tinggi misalnya mereka mendatangkan atlet dari luar dengan biaya yang cukup tinggi dan tidak sedikit," ujarnya.

Ia mengatakan, animo masyarakat Belitung terhadap olahraga bola voli cukup tinggi, hal ini ditandai apabila diselenggarakan turnamen bola voli di daerah itu selalu ramai dipadati oleh penonton.

"Kemudian klub-klub voli di kampung juga ramai sehingga ke depannya olahraga bola voli ini bisa mengalahkan animo masyarakat terhadap sepak bola," katanya.

Oleh karena itu, lanjut dia, dirinya akan tetap mengupayakan diselenggarakannya turnamen voli secara rutin, guna mengasah kemampuan dan mental bertanding para atlet voli di daerah itu.

"Karena kalau tidak ada turnamen maka para atlet voli biasanya tidak akan pernah latihan terutama para atlet-atlet voli kita yang berusia muda harus rutin latihan," ujarnya.

Disampaikan Edi, langkah pertama yang akan dilakukannya sejak terpilih sebagai Ketua PBVSI Belitung 2024-2028 adalah menggelar rapat koordinasi dengan seluruh klub voli yang ada di Belitung.

"Tujuannya adalah meningkatkan profesional klub dalam melakukan manajemen kemudian pembinaan terhadap atlet bukan hanya latihan atau muncul pada saat adanya turnamen saja namun aktivitas latihan harus terus berjalan," katanya. 

Sedangkan target jangka panjang, lanjut Edi, adalah dapat meraih medali emas dalam cabang olahraga voli di Porprov Babel VII 2026 mendatang.

"Karena sebenarnya di Porprov Babel VI 2023 peluang kita untuk meraih medali emas cukup terbuka makanya target kami lebih berat harus meraih emas di Porprov Babel VII mendatang," ujarnya.

Ketua PBVSI Belitung periode 2019-2023, Vina Cristyn Ferani di Tanjung Pandan, Sabtu mengaku optimis PBVSI Belitung di bawah kepemimpinan ketua baru akan lebih maju dibandingkan sebelumnya.

Vina juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran pengurus PBVSI Belitung 2019-2023 yang telah mendukung dan bekerja sama di masa kepemimpinannya dalam memajukan olahraga bola voli di daerah itu.

Ia mengatakan, salah satu prestasi yang membanggakan adalah tim bola voli Belitung berhasil meraih medali perunggu di ajang Porprov VI Babel lalu.

"Kita harus memberikan kesempatan kepada calon yang baru, dari apa yang kami capai selama ini sebenarnya bisa lebih baik lagi, inilah yang bisa saya persembahkan di kepengurusan saya, dan saya yakin ke depannya olahraga voli di Belitung akan semakin maju di tangan ketua PBVSI Belitung yang baru," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024