Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) membagikan bendera merah putih kepada masyarakat sekitar pusat perbelanjaan Asoka Koba, Bangka Tengah dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke -79 Republik Indonesia (RI).

Sub Kordinator Perlindungan Konsumen Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel Zurista di Pangkalpinang, Kamis (18/7) mengatakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel melakukan pembagian sejumlah bendera merah putih kepada masyarakat di seputar pusat perbelanjaan Koba, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), untuk mendukung HUT ke-79 RI.

Ia berharap masyarakat dapat membentuk konsistensi semangat nasionalisme, bangga dan cinta tanah air  serta meningkatkan kesadaran untuk memasang bendera merah putih di halaman atau depan rumah. 

"Kegiatan, ini juga dalam rangka untuk melaksanakan kembali gerakan pembagian bendera merah putih tahun 2024, sebagai salah satu identitas, simbol dan alat pemersatu masyarakat Indonesia. Ya kita lakukan pembelian bendera merah putih, sejumlah ASN di dinas kita,” katanya.

Pelaksanaan pembagian bendera merah putih, yang dibarengi dengan kegiatan Pos Layanan Pengaduan Konsumen, wujud kepedulian bersama untuk masyarakat, dimana pelaksanaan pembelian bendera merah putih dilakukan dengan melakukan penggalang dana dengan bentuk partisipasi para ASN di lingkungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Dalam edaranya tertera, Dimana dalam pelaksanaan pembagian bendera merah putih dapat menggalang partsispasi dan swadaya, baik secara pribadi maupun kelompok, organisasi masyarakat partai politik, serta unsur pemerintah dan swasta dalam melaksanakan gerakan pembagian merah putih,” imbuhnya.

Selain itu, pembagian bendera merah putih, dalam upaya menindaklajuti surat edaran Menteri Dalam Negeri tanggal 8 Mei 2024 mengenai gerakan pembagian bendera merah putih dan adanya surat edaran Pj Sekda Babel mengenai Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih tahun 2024 untuk perangkat daerah di lingkungan pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tertanggal 31 Mei 2024.

"Ia rencananya akan dibagikan pada masyarakat dalam acara dinas. Jumlahnya kita sesuaikan nantinya, sesuai bendera dan berapa kegiatan yang ada," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024