Berbagai peristiwa penting dan menarik terjadi di Bangka Belitung (Babel) selama sepekan dari Senin (15/7) hingga Sabtu (20/7), menjadi sorotan di antaranya Operasi Patuh Menumbing 2024 mengedepankan edukatif hingga Pj Bupati Belitung mundur dari jabatannya karena maju di pilkada. 

Berikut rangkuman beritanya: 

1. Kapolda Babel: Operasi Patuh Menumbing 2024 kedepankan edukatif

Kepala Kepolisian Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Irjen Pol Tornagogo Sihombing menegaskan Operasi Patuh Menumbing 2024 lebih mengedepankan kegiatan edukatif, persuasif dan humanis, guna mewujudkan rasa simpatik masyarakat kepada Polri.
 
"Operasi Patuh Menumbing tahun ini agar masyarakat mengetahui arti pentingnya keselamatan berkendara, taat dan patuh terhadap peraturan berlalu lintas di jalan," kata Irjen Pol Tornagogo Sihombing usai Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Menumbing 2024 di Pangkalpinang, Senin.

Baca selengkapnya di sini 

2. Bangka Barat serahkan hibah yayasan dan lembaga Rp4,797 miliar

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyerahkan bantuan dana hibah kepada lembaga dan yayasan sebesar Rp4.797.500.000.

"Kami berharap bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik, sesuai pengajuan dan sesuai aturan agar benar-benar bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat, dan tidak menimbulkan permasalahan hukum di kemudian hari," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Selasa.

Baca selengkapnya di sini 

3. Gerindra duetkan Erzaldi Rosman Djohan dan Yuri Kemal Fadlullah dalam Pilgub Babel

Partai Gerindra memasangkan duet Erzaldi Rosman Djohan dan Yuri Kemal Fadlullah dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bangka Belitung periode 2024-2029.

Baca selengkapnya di sini 

4. Kejagung nilai tambang timah tradisional di Babel legal

Direktur Pengamanan Pembangunan Strategis Nasional Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen Kejagung Patris Yusran Jaya menilai penambangan bijih timah yang dilakukan secara tradisional di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung legal, karena masyarakat menambang hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.
 
"Dalam tanda kutip, saya menganggap tambang timah tradisional ini legal," kata Patris Yusran Jaya saat rakor tata kelola barang sitaan tindak pidana korupsi pertimahan di Pangkalpinang, Rabu.

Baca selengkapnya di sini 

5. NIB UMKM Pangkalpinang naik 100 persen

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) tahun 2024 naik 100 persen dibandingkan tahun 2023.
 
Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan (Diskopdag) dan UMKM Kota Pangkalpinang, Andika Saputra, Kamis (18/7), mengatakan berdasarkan data UMKM yang sudah memiliki NIB tahun 2023 sekitar 7.256 UMKM sedangkan tahun 2024 naik menjadi 16.867 UMKM.

Baca selengkapnya di sini 

6. Pj Bupati Belitung mundur dari jabatannya karena maju di Pilkada 2024

Penjabat Bupati Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yuspian mundur dari jabatannya karena bersiap maju di Pilkada 2024.
 
"Betul, saya sudah menyampaikan surat pengunduran diri kepada Menteri Dalam Negeri pada, Rabu (17/7) lalu," katanya ketika dihubungi ANTARA di Tanjung Pandan, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Bima Agustian

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024