Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meningkatkan kompetensi para pemandu wisata, sebagai ujung tombak dalam menggeliatkan sektor kepariwisataan.

"Pemandu wisata itu bagian komponen penting dalam kemajuan sektor kepariwisataan, maka harus memiliki pengetahuan yang baik sesuai dengan kompetensinya," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Belitung Timur Hendri, di Manggar, Rabu.

Di antara upaya pemerintah daerah setempat untuk meningkatkan pengetahuan para pemandu wisata adalah dengan menggelar pelatihan khusus bagi pemandu ekowisata.

"Kami gelar pelatihan bagi pemandu ekowisata, totalnya ada 40 orang yang dilatih untuk menambah ilmu dan pengetahuan terkait dengan kepariwisataan," ujarnya.

Hendri mengatakan, pemandu wisata harus memiliki pemahaman prinsip-prinsip ekowisata dalam mengembangkan suatu destinasi yang berbasis ekowisata.

“Pelatihan dilaksanakan agar para peserta memiliki kemampuan dan keterampilan dalam mengemas informasi menarik kepada wisatawan mengenai ekowisata, sekaligus dapat mengembangkan ekowisata di desanya,” kata Hendri.

Menurut Hendri, masih ada desa wisata sulit untuk berkembang, sehingga memerlukan perhatian.

"Ada desa wisata yang belum berkembang, maka perlu diberikan pemahaman dan pengetahuan tambahan kepada mereka terkait keunggulan destinasi yang ditawarkan," kata Hendri.

Ia berharap peningkatan pengetahuan dan pemahaman mereka bermuara pada peningkatan perekonomian masyarakat lokal dan meningkatkan daya tarik wisata.

Sekjen East Jawa Ecotourism Forum (EJEF) Jawa Timur Tri Sulihanto Putra yang bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan pelatihan itu, berharap melalui pelatihan dapat meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan kompetensi para pemandu ekowisata sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Kepemanduan Ekowisata.

"Melalui pelatihan ini diharapkan para peserta dapat meningkat keterampilan dalam mengemas informasi menarik kepada wisatawan mengenai ekowisata serta dapat mengembangkan ekowisata di wilayah masing-masing," ujar Tri Sulihanto Putra.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024